1000 setifikat Lahan Sukses Didistribusikan Badan Pertanahan Nasional Kolaka Utara

Jum’at (13/12/2019), bertempat di alun-alun Kota Lasusua Ibu Kota Kolaka Utara sebanyak 1000 sertifikat tanah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di serahkan secara massal kepada masyarakat di Bumi Patampanua, penyerahan secara besar-besaran tersebut merupakan kali pertama di Kolaka Utara sebagai wujud untuk menuntaskan lokasi/lahan yang belum tersertifikat.

PTSL merupakan program pengganti dari Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona), Selain 1000 sertifikat yang diserahkan secara massal tahun 2019 jumlah sertifikat 11.750 sertifikat.

“Sertifikat yang dibagikan pada masyarakat adalah 1000 bidang dari kegiatan PTSL, kegiatan PTSL tahun ini (red:2019) sebanyak 7,250 bidang dan kegiatan persertifikatan redistribusi tanah sebanyak 4.500 bidang dan ini akan dibagikan ke masyarakat, pada hari-hari berikutnya, ”Ujar Bupati Kolaka Utara Drs.Nurrahman Umar.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung PTSL, hal tersebut terbukti dengan memfasilitasi penyuluhan pada masyarakat di Desa dan kelurahan, ”kedepan saya harapkan para kepala Desa dan lurah serta aparatur desa lain saling bahu-membahu membantu BPN Kolaka Utara mensukseskan program PTSL ini, sehingga seluruh masyarakat dapat terlayani dengan baik,”Kata beliau.

Sementara di katakan Kepala Bidan (Kabid) Infrastruktur Pertanahan Kanwil BPN Sultra, Dr,Imade Sumadra bahwa penyerahan PTSL untuk 1000 bidang tanah di Kolaka utara yang meliputi 7 Desa dan dua Kelurahan, selain itu BPN juga menyerahkan sertifikat aset Pemerintah daerah.

”Apa yang kita lakukan hari ini bisa terwujud berkat dukungan pemerintah daerah Kolaka Utara, kinerja BPN Kolaka Utara sangat membanggakan dan menjadi yang terbaik di Sulawesi tenggara,”katanya

Sementara itu dikatakan Kepala BPN Kolaka Utara Suangto menyatakan bahwa untuk tahun 2020 kedepan target BPN Kolaka Utara bahwa PTSL sebanyak 17.600 bidang dan redistribusi 15.000 ”untuk program tahun 2020 itu 32.600, dan Kolaka Utara berhasil meraih penghargaan ketiga terbaik dalam percepatan Program PTSL,”Katanya.

7 Desa yang menerima Sertifikat PTSL 2019 adalah: Desa Ponggiha, Tojabi, Watuliwu, Patowanua, Rantelimbong, Pitulua dan Watunohu. Sementara Dua Kelurahan yakni Kelurahan Lasusua dan Kelurahan Lapai.


Fotografer: Kominfo/Harmawan,S.SI

Komentar