24.2 C
Kendari
Jumat, 19 April 2024

147 Fakir Miskin Di Kecamatan Wawo Dapat Santunan Zakat

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Jumat (22/3) Sebanyak 147 fakir miskin di Kecamatan Wawo menerima santunan zakat yang diberikan oleh Penjabat Bupati Kolaka Utara. Pembagian zakat ini menjadi bukti konkret dari keterikatan antara Pemerintah Daerah dan masyarakat, serta kesadaran ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk berbagi rezeki kepada yang membutuhkan.

Menyampaikan rasa haru dan kesyukuran, Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP MA, menyatakan, “ASN selalu ingin bersama-sama, dan ini sebagai bentuk tali asih kami, Doakan kami semua untuk terus bapak dan ibu agar selalu sehat.” Pernyataan ini diungkapkan  penjabat Bupati saat pembagian zakat menggarisbawahi semangat kebersamaan dan kepedulian yang mewarnai proses pembagian zakat tersebut.

Dalam rincian pembagian santunan zakat ini, 42 fakir dan 105 miskin menerima bantuan yang telah disalurkan melalui proses yang teliti dan adil. Tidak hanya itu, pembagian juga mencakup bantuan kepada dua masjid di daerah tersebut, yakni Masjid Babusalam di Ranteangin dan Masjid Nurul Iman di Landolia, masing-masing mendapatkan Rp.10.000.000.

“Dengan pemberian zakat ini, kami berharap dapat membantu meringankan beban hidup saudara-saudara kita yang kurang beruntung, serta memperkuat ikatan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat,”Katanya.

Harta yang telah bersih dari adanya hak orang lain menjadikan harta yang dimiliki semakin berkah. Pada hakikatnya, zakat bukan hanya membersihkan harta, tetapi jauh dari itu zakat juga untuk membersihkan jiwa. Zakat memiliki fungsi sebagai sarana membersihkan dan mensucikan diri dari kotornya tabiat rakus dan sifat kikir dari pemilik harta.

Mensucikan hati dari sifat ketamakan dan cinta yang berlebihan terhadap dunia. Hal tersebut dikarenakan zakat adalah wujud iman kita kepada Allah SWT. Dengan iman yang semakin meningkat maka akan dimudahkan oleh Allah untuk bisa istiqamah dalam menjalankan kebaikan kebaikan sesuai syariat.

Selain itu, zakat bukan hanya kolerasi secara vertikal dengan Allah atau habluminallah, tetapi juga memiliki aspek hubungannya dengan sesama manusia atau habluminannas.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Kolaka Utara Raih Dua Penghargaan  dalam Musrembang Provinsi Sulawesi Tenggara

Kamis (18/4) di Kota Kendari digelar pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat provinsi Sulawesi Tenggara. Acara  tersebut  untuk merumuskan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img