25.7 C
Kendari
Selasa, 19 Maret 2024

150 Calon Jemaah Haji Kolaka Utara Ikuti Manasik

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sebanyak 150 calon Jemaah Haji Kolaka Utara mengikuti manasik haji di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kolaka Utara Selasa (11/7), manasih haji terbent akan dilaksnakan selama tiga 11 dan 12 juli bulan ini

Dikatakan Kepala Kemanag Kolut Drs.Baharuddin bahwa manasik akan dilaksanakan 10 kali pertemuan, dua kali pertemuan di kantor Kemenag sementara 8 Kali pertemuan akan dilaksnakan di Empat Kantor Urusan Agam (KUA) yakni KUA Lasusua, Kodeoha, Ngapa dan Pakue.

“Dalam manasik ini Calon Jemaah Haji para calon jemaah akan mendapatkan bimbingan tentang cara Ibadah haji dan umroh, pembekalan tentang proses pemberangkatan Calon Jemaah Haji, diharapkan para calon jemaah untuk tidak cuek dan mengkuti semua materi tentang manasik, karena manasik sangat penting selain itu buku bimbingan manasik haji tersebut juga harus dipelajari dengan baik sehingga proses ibadah haji dan umroh bisa berjalan lancar dan para jemaah menjadi haji yang Mabrur,”Katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan para jemaah haji Kolaka Utara yang tergabung dalam kloter 21 dengan embarkasi ujung pandang dengan bergabung dengan para jemaah dari kabupaten Bombana sebanyak 102 orang, Wakatobi 117 orang, Muna 69 Orang, Butur 9 Orang dan Kolaka Utara 150 Oranh dengan jumlah keselurahan kloter 21 450 orang.

“Para jemaah diharapkan bisa mandiri tidak tergantung pada Lima orang pendamping ibadah haji, karena 450 orang jemaah akan didampingi oleh 5 orang,”terangnya.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa 150 CJH Kolut itu berasal dari kecamatan Ranteangi 4 Orang, lambai 7 Orang, Lasusua 36 Orang, Kodeoha 19 Orang, Ngapa 59 orang, Watunohu 11 orang, Pakue 12 orang dan Pakue Utara 2 Orang.

Para jemaah akan berangkat pada 14 Agustus d pelabuhan Katoi menuju Makassar, kemuadian 15 Agustus akan masuk dalam asrama haji dan 16 Agustus bertolak ke Arab Saudi,”terangnya.

Sementara itu Plh. Bupati Kolaka Utara Drs.Iskandar MM dalam membuka kegiatan manasik itu menyatakan bahwa jumlah daftar tunggu ibadah haji yang dimiliki kolaka utara kurang lebih 2000 orang sehingga jika setiap tahunnya berangkata hanya 150 orang maka akan berangkat pada 11 tahun yang akan datang.

“bersyukurlah para jemaah yang berangkat musim haji kali ini dan manfaatkan dengan baik manasik haji sehingga mampu melaksnakan ibadah haji dengan baik dan kembali menjadi haji mabrur,”harapnya(**)

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sekda Kolaka Utara Dorong Forum Perangkat Daerah untuk Menyesuaikan Program OPD dengan Kebutuhan Masyarakat dan Visi Pembangunan

Senin (18/3)  Dr. Taufiq Sonda, S.P., M.M., Sekda Kabupaten Kolaka Utara, membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img