16 Desa di Kolut di Canangkan Jadi Kampung KB

16 Desa di Kolaka Utara (Kolut) dicanangkan menjadi kampung KB, setiap Kecamatan memiliki satu Desa Kampung KB, kecuali Kecamatan Kodeoha memiliki dua Desa yang menjadi kampung KB, pencanagan kampung KB dirangkaiakan dengan pencanangan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan di Desa Sapoiha Kecamatan Watunohu, Jum’at (13/10).

Dikatakan Wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas bahwa dirinya sangat mengapresiasi pencanangan Kambung KB dan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan yang digelar pasalnya, kedua kegiatan tersebut merupakan program nasional yang harus di sukseskan. Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan adalah program, yang diharapkan meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program kependudukan, KB,Pembangunan keluarga dan kesehatan guna mendukung  Millenium Development Goals (MDGS).

“Pembentukan kampung KB telah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah, mulai tahun 2016 di Desa Kalu-kaluku Kecamatan Kodeoha, tahun 2017 telah dicanagkan kampung KB di setiap kecamatam sehingga total kampung KB 16 desa, Desa Sapoiha merupakan desa terakhir,”terangnya.

Meski kata dia dalam visi pembangunananya tidak tercantum secara khusus sektor pengendalian penduduk dan keluarga berencana namun masuk dalam misi pembangunan yaitu meningkatkan kapasitas dan akses pelayanan bidang kesehatan secara lebih mudah dan merata.

“Sebagai wujud keseriusan pemerintah untuk mendukung pelaksanaan program Kependudukan dan KB Pembangunan Keluarga (KKBPK) salah satunya adalah melaksanakan pencanagan Kesatuan Gerak PKK-KB dan kesehatan yang dirankaiakan dengan pencanangan kampung KB tingkat kecamatan,”Katanya.

Sementara itu di katakan ketua tim penggerak PKK Kolaka Utara Dra H.A Nurhayani bahwa pencanangan kampung KB dan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan merupakn bentuk intensifikasi gerakan PKK beserta lintas sekotor yang terkait,”kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan capaian 10 program PKK, kegiatan ini akan dilaksnanakan selama Tiga bulan yakni oktober hingga desember meliputi kegiatan pembinaan 10 program PKK, program ini akan dilaksanakan di semua desa dan kelurahan termasuk di kampung KB,”terangnya.

 

Komentar