194 Personel Siap Amankan Pillkades di 63 Desa di Kolaka Utara

Mendekati Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Jilid II Kolaka Utara, Polres Kolaka Utara menurunkan 194 personel untuk pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 63 Desa yang akan menggelar Pilkades secara serentak.

Seperti diterangkan Kapolres Kolaka Utara, AKBP Susilo Setiawan, S.I.K bahwa pada 1 November mendatang anggota polri yang bertugas pengamanan di setiap TPS sudah diturunkan ke lapangan,”Pengamanan dimulai dari pencetakan surat suara, distribusi juga akan dilakukan pengamanan, dan para personel sudah diturungkan mulai hari ini (red:1/11) sampai 5 November mendatang”, Ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres Susilo menjelaskan bahwa untuk daerah yang rawan akan disiagakan Tiga sampai Empat personil di tiap TPS terdiri dari TNI, Polri, Pol PP dan Linmas. Saat ini Polres Kolaka Utara juga mensiagakan 1 pleton satuan Brimob untuk backup kegiatan pengamanan.

“Untuk tambahan personil membackup pengamanan Pilkades ada satu pleton dari Brimob dan Polsek serta anggota polres juga tetap di standby untuk mem-backup”,tuturnya.

Dari 63 desa yang akan melakukan pemilihan kata dia, ada 7 yang dikategorikan rawan, karena jarak tempuh yang jauh dan sulit diakses seperti, parutellang, watumotaha dan beberapa desa lainnya. Sementara untuk daerah rawan konflik kata Kapolres saat ini tidak ada, pasalnya atas kerjasama semua tim untuk terus melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan konflik.

“Rawan konflik untuk saat ini tidak ada, sudah diantisipasi 2 bulan sebelum digelarnya Pilkades, dengan melakukan himbauan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan pilkades, patroli juga ditingkatkan di masyarakat,”Tandasnya.

Komentar