2021 Dinas Lingkungan Hidup Fokuskan Anggaran Untuk Infrastruktur Pengelolaan Sampah

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kolaka Utara tahun ini mengelolah anggaran sebesar Rp. 8,744,600,000 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Anggaran tersebut akan dibelanjakan untuk tujuh item sarana dan prasarana pengelolaan sampah pada tiga kecamatan berbeda di Kolaka Utara.

Kadis Lingkungan Hidup kolaka utara, Drs.Mardang mengatakan tahun ini akan berupa melakukan pembenahan dan perbaikan fasilitas. Pihaknya bakal menyiapkan pusat daur ulang kapasitas 10 ton di Desa Pakue Kecamatan Pakue Utara. “Dananya dibagi dua. Rp.1,7 Miliar (M) untuk pengerjaan fisik dan sarana pendukung Rp. 862,3 juta

Pihaknya juga mengadakan fasilitas peralatan angkut sampah semisal dum truck tiga unit kapasitas 6 Meter Kubik (M3). Begitu juga gerobak pilah kapasitas 0,3 ton dan motor pengangkut tiga roda kapasitas 0,7 ton masing-masing 12 unit

DLH lanjut Drs.Mardang tahun ini bakal mengadakan sebuah box kontainer sampah dengan kapasitas 6 M3 sejumlah 13 unit dan arm roll tiga unit. Pihaknya juga menyiapkan bank sampah kapasitas tiga ton per hari di Desa Ainani Tajeriani Kecamatan Kodeoha. “Total seluruhnya yang diadakan 45 sarana,” bilang Mardang.

Adapun mengenai sarana tong sampah yang di pinggir-pinggir jalan bukan lagi domainnya mengadakan hal itu. Kades dan Lurah telah diundang terkait hal itu guna mereka persiapkan karena pihaknya hanya bertugas mengangkut sampahnya. “Kalaupun ada peyiapan itu bisa saja tetapi melalui PUPR karena berhubungan dengan sarana,” imbuhnya.

Untuk pohon pelindung di sepanjang jalan ibukota tutup kadis BLH tersebut bahwa tahun ini akan dibabat habis. Telah ada tanaman pengganti yang juga sementara tumbuh berkembang mengingat telah banyak dahan yang patah dan bahkan tumbang menutup jalan atau menimpah rumah warga.

Komentar