2021 PUPR Kolaka Utara Kelola Rp.63 Miliar Dari APBD Ini Daftar Proyeknya

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten  Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)  mendapat Alokasi Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 senilai Rp. 63 Milliar.

Kepala Dinas (Kadis) PU-PR Kolut Mukramin,SE.MM  mengatakan bahwa, keseluruhan dari dana Rp.63 Milliar  tersebut nantinya akan dialokasikan pada pekerjaan fisik dan non fisik dimana, kegiatan PUPR mencakup tiga bidang kegiatan diantaranya kegiatan Sumber daya Air (SDA), Cipta Karya dan Bina Marga

“Untuk SDA, yang penangananya khusus sungai dan pantai, tahun ini akan terealisasi pembangunanya yaitu, rehab bendungan di desa Amoe, untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) ada rehab irigasi di kecamatan batu putih, irigasi di Wawo, rehab bendungan kecamatan Ranteangin dan pekerjaan penguatan tebing di kecamatan Ngapa,” Kata Mukramin  diruang kerjanya. Jumat, 15/1/2021.

Lebih lanjut Mukramin juga menjelaskan bahwa, selain kegiatan dibidang SDA, kegiatan dibidang Cipta Karya juga akan terealisasi di antaranya kegiatan air bersih (SPAM), Dreinase, pembangunan mesjid didesa Lawaki jaya, rehab kantor bupati kolut, serta Lanjutan tahap ll pembangunan Kantor PTSP  dan segera dituntaskan Pembangunanya tahun ini juga. 

“Dari beberapa pembangunan fisik bidang Cipta Karya yang paling menonjol pembangunannya yang segera terealisasi tahun ini, ada dua diantaranya, pembangunan cafe coklat atau pusat Oleh – oleh Kolut di area depan jalan trans Sulawesi By pass dan Pembangunan Asrama Putri Hirpemaku di Makassar,” Ungkapnya.

Mukramin juga mengungkapkan, kalau di bidang Bina Marga pihaknya juga akan merealisasikan imprastruktur jalan dan jembatan, untuk kegiatan jalan, Bina Marga akan mengerjakan lanjutkan pekerjaan ruas  jalan dari desa Totallang dan desa Latawaro, ruas jalan desa Bangsala – Ponggi yang menghubungkan jalan provinsi, serta pengaspalan ruas jalan dari tugu kelapa menuju ke desa pitulua dan pembenahan trotoar dalam kota Lasusua yang dimulai dari desa Tojabi, jalan tomanggera dan trotoar jalan ke DPRD.

“Tahun ini juga, kami juga akan membangun tiga jembatan diantaranya jembatan desa Lapolu kecamatan Tiwu, jembatan desa Batuganda permai di kecamatan Lasusua dan jembatan Puundoho yang menghubungkan kampung Bone,”pungkasnya. (Li)

Komentar