24 C
Kendari
Kamis, 20 Juni 2024

35 Orang ikut Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja K3 Konstruksi di Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sebanyak 35 peserta mengikuti pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Konstruksi yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kolaka Utara bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Acara ini berlangsung dari tanggal 21 hingga 25 Mei 2024.

Ketua panitia kegiatan, Sardiman, menyatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan tenaga kerja konstruksi sesuai dengan amanat Peraturan Menteri PUPR RI Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi. “Kami berharap pelatihan dan uji sertifikasi ini dapat melahirkan tenaga teknik yang sangat kompeten di bidang jasa konstruksi dan mampu menjalankan tugas-tugas sebagai tenaga kerja konstruksi dengan baik,” ujar Sardiman.

Plt. Asisten III Sekretaris Daerah Bakri, S.Km, yang dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan ini. “Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara menyambut baik pelaksanaan pelatihan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan menambah ilmu serta pengalaman baru bagi tenaga kerja konstruksi untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Kolaka Utara,” katanya.

Pelatihan dan sertifikasi ini penting mengingat tuntutan globalisasi yang membawa implikasi bagi pengembangan sumber daya manusia, termasuk di bidang konstruksi. Sertifikasi menjadi bukti kemampuan dan kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap tenaga kerja konstruksi, terutama dalam hal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, yang menyatakan bahwa setiap tenaga kerja konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja,” tambah Bakri. “Selain itu, Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 menekankan pentingnya kompetensi dan daya saing tenaga kerja konstruksi sebagai modal kesuksesan pembangunan infrastruktur.”

Dengan pelatihan dan uji sertifikasi ini, diharapkan tenaga kerja konstruksi di Kolaka Utara dapat semakin berkualitas dan handal, sehingga pembangunan infrastruktur dapat berjalan lancar sesuai dengan standar yang berlaku, memberikan jaminan terhadap keterampilan, kualitas, dan kemampuan kerja dari tenaga kerja konstruksi.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Resmikan Jalan yang Dibangun CSM

Rabu (19/7) Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menghadiri peresmian jalan rabat beton sepanjang 2,8...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img