25.7 C
Kendari
Selasa, 19 Maret 2024

35 orang Pendamping Desa di Kolaka Utara Belajar Jurnalistik

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sebanyak 35 orang Pendamping Desa se-Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, mengikuti pelatihan Jurnalisme Warga. Pelatihan ini digelar di balai Desa Ngapa, Kecamatan Ngapa, Selasa 23 Juli 2017.

Tenaga Ahli Pembangunan Partisipati (TA-PP) Kolaka Utara, Sahrul, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu Pendamping Desa dalam mempublikasikan kegiatan desa masing-masing. ”Pelatihan ini sangat berguna untuk membantu mempublikasikan setiap kegiatan desa”, ujarnya.

Lebih dari itu Sahrul berharap setelah menjadi sitizen jurnalis atau jurnalis warga, mereka dapat mempublikasikan setiap peristiwa yang terjadi di desa masing-masing ke berbagai saluran media massa. ”termasuk segala potensi dan permasalahan desa yang tidak tercover oleh wartawan dan media massa arus utama” katanya.

Hadir sebagai fasilitator dalam pelatihan ini Ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Kendari, Zainal A. Ishaq. Zainal mengajarkan para pendamping desa teknis penulisan berita secara sederhana. Untuk memudahkan peserta memahami materi, ia juga mengajak para peserta melakukan simulasi penulisan berita.

”hasilnya sangat mengagumkan. Meski hanya dilakukan secara singkat, beberapa peserta sudah mampu menulis berita secara sederhana dan memenuhi kaidah dan prinsip jurnalistik,” katanya.

Ia juga berharap, setelah mengikuti kegiatan ini mereka dapat menjadi jurnalis warga yang aktif menuliskan peristiwa yang terjadi di sekitar lingkungan mereka.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sekda Kolaka Utara Dorong Forum Perangkat Daerah untuk Menyesuaikan Program OPD dengan Kebutuhan Masyarakat dan Visi Pembangunan

Senin (18/3)  Dr. Taufiq Sonda, S.P., M.M., Sekda Kabupaten Kolaka Utara, membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img