38 Muallaf Ikuti Pelatihan Keagamaan Oleh Baznas Kolaka Utara

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kolaka Utara menggelar Pelatihan untuk 38 Muallaf yang tersebar dari 24 desa pelatihan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan terkait agama Islam.

Pasalnya para Muallaf bukan hanya mampu melafalkan Dua Kalimat Syahadat, namun juga mampu melaksanakan kewajiban selaku ummat Islam, seperti melaksanakan Sholat Lima waktu, membaca Al-Quran dan ibadah lainnya.

Ketua Baznas Kolaka Utara H. Mustamin,S.Ag menyampaikan bahwa ke 38 Muallaf yang mengikuti kegiatan terdiri 27 orang laki-laki dan 11 orang Perempuan.

“Kami berharap kegiatan pembinaan yang diagendakan berlangsung selama selama 4 hari ini dapat bermanfaat bagi para muallaf dalam menjalankan syariat-syariat Islam, “tuturnya.

Diapun menambahkan bahwa besaran zakat mal atau zakat profesi ASN di Kabupaten Kolaka Utara pada tahun 2021 lalu mencapai Rp 3,9 miliyar, infaq Ramadhan Rp 315 juta.

“Total keseluruhan zakat dan infaq Ramadhan yang masuk ke Baznas sebesar Rp 4,2 miliar,” urainya.

Sebelumnya, Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE., M.Si saat membuka bimbingan syariat Islam untuk para muallaf mengapresiasi kinerja pengurus Baznas dalam mengumpulkan zakat mal dan infaq tiap tahunnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat dan ASN serta dedikasi pengurus Baznas sehingga zakat yang dikumpulkan setiap tahunnya di Kolaka Utara sangat signifikan jika dibandingkan daerah lain di Sulawesi Tenggara yang jumlah penduduk dan ASNnya lebih banyak.

“Karna capaian itu, sehingga berdasarkan informasi Baznas Kabupaten Kolaka Utara berada pada urutan pertama sebagai organisasi Baznas terbaik se-Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Ini bukti nyata kesungguhan dan dedikasi pengurus, lanjut Kadis DPMPTSP Sulawesi Tenggara ini, yang telah mewakafkan dirinya di organisasi Baznas dalam rangka mengelola zakat mal dan infaq masyarakat Kolaka Utara.

“Semoga kedepannya capain ini dapat dipertahankan sebagai wujud peningkatan amalan ibadah kita kepada Allah SWT,” harapnya. [L]

Komentar