4 Poin Surat Edaran Baru Pemerintah Kolaka Utara Terkait Protokol Kesehatan

Wabah pandemi covid-19 di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) meningkat tajam per Januari 2021. Pemerintah setempat telah menerbitkan surat edaran terkait kepatuhan dan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

Kepala dinas Kesehatan Kolaka Utara, Irham,S.Km,M.Kes menyampaikan surat edaran bernomor 443/06/2021 tertanggal 14 Januari tersebut telah ditembuskan kepada para camat dan desa di seluruh wilyah administrasi Kolut. Di dalamnya tercantum empat poin:

  1. Penyebaran informasi,
  2. Pelaksanaan kegiatan keagamaan,
  3. Giat sosial dan
  4. pengoptimalan satuan gugus tugas di semua wilayah Bumi Patowonua. “

“Ini hasil rapat satuan tugas percepatan penanganan,”katanya, Jum’at (15/1).

Diterangkan, poin pertama tersebut diharuskan penyebaran informasi terkait disiplin dan penegakan hukum prokes kepada masyarakat serta . Perihal ke dua tertuang pelaksanaan ibadah yang patuh protokol dan diharuskan setiap jamaah berjarak satu meter. “Ada sanksinya juga jika tidak diindahkan karena inj juga untuk kemaslahatan jamaat,”ujarnya.

Selanjutnya kata Irham menyangkut kumpul-kumpul baik pertemuan atau rembuk, pesta pernikahan maupun syukuran dan lain-lainnya. Pemkab masih memberikan toleransi agar bisa dilaksanakan namun dengan catatan jaga jarak satu meter dan jamuan makanan disarankan agar mengemasnya dalam kotak kemasan atau dus.

Poin ke empat tutup Irham dalam rapat yakni terkait pengaktifan kembali seluruh satuan tugas percepatan penanganan covid-19 di tingkat kecamatan, kelurahan hingga desa. “Tidak boleh ada yang tanpa masker, saling jaga jarak hingga cuci tangan. Harap kerjasama semua elemen masyarakat karena ketika ini diabaikan dan lantas kondisi semakin memburuk bisa saja aturan akan semakin ditingkatkan dan diperketat lagi,”pungkasnya. (Li)

Komentar