45 Panwascam di Kolut di Lantik

Setelah melewati serangkain tes akhirnya 45 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 Kolaka Utara (Kolut) resmi dilantik oleh ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Kolut Rabu (11/10) pada salah satu hotel di Lasusua, Kolut.

Dikatakan Ketua Panwas Kabupaten Ajmal Arif bahwa tugas sebagai Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) bukanlah hal yang mudah, pasalnya seorang yang telah mengabdikan diri sebagai pengawas siap bekerja sepenuh waktu mengawasi tahapan Pemilihan Gubernur,”Bapak-Ibu yang dilantik adalah orang-orang yang terpilih dan terbaik diantara teman-teman yang lain, tugas sebagai Panwaslu ini tidaklah mudah, berarti tugasnya itu berat bekerja bukan separuh waktu tapi sepenuh waktu, siap bekerja 24 jam kapanpun dibutuhkan,”Katanya.

Lebih lanjut diapun menuturkan bahwa sebagai seorang panwaslu harus tau semua aturan pemilu, karena panwas adalah wasit mengawasi semua tahapan,”menjadi Panwaslu banyak kebiasaan yang harus di rubah, seperti minum kopi di warkop bertemu dengan pengurus parpol, tim sukses itu dilarang, sebagai panwas itu harus banyak belajar, membaca, menjaga solidaritas,integritas dan mental yang harus kuat,”Ujarnya.

Sementara itu Asisten III Sekda Kolaka Utara Azhar SH yang mewakili Bupati Kolaka Utara Drs. Nur Rahman Umar bahwa dirinya sangat berharap bahwa Pemilihan Gubernur (Pilgub) bisa lebih baik dari pemilihan sebelumnya.”saya berharap kita bersama mencoba merangkai agar pemilihan daerah  tingkat provinsi nantinya menjadi lebih baik dari pemilu-pemilu sebelumnya, bukan hanya penyelenggaraanya tapi regulasinya agar Pemilu ini menjadi bagian yang penting agar membangun infstruktur politik daerah, salah satunya memperkuat pilar-pilar politik penyelenggaraan untuk menjadi regenerasi kepemimpinan lewat pilkada,”katanya.

Diapun berharap kepada Panwascam yang baru dilantik untuk mengetahui strategi pengawasan, harus mengetahui regulasi dalam pengawasan, melakukan pencegahan dan berani untuk menindak pelanggaran yang dilakukan oleh oknum tertentu.

“Ada tiga hal yang sangat menentukan sukses tidaknya sebuah penyelengaraan pemilu, yakni proses penyelengaraanya, aturan-aturan hukum dan proses penegakan hukum dalam menagani pelanggaran Pemilu, saya harapkan Panwascam mampu untuk bekerja professional, menjaga integiritas dan kapabilitasnya serta akuntabilitas sesuai standar yang ditetapkan dalam undang-undang,”Tandasnya.

Komentar