25 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

499 Nelayan di Kolut Dapat Bantuan Mesin Pendorong Konvensi BBM ke Bahan Bakar Gas

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sebanyak 499 Nelayan di Kolaka Utara mendapatkan bantuan Liquefied Petroleum Gas (LPG) untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan yang merupakan sasaran program kemitraan Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI, Senin (14/11/2022) di PPI desa Pitulua, Lasusua, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Anggota DPRD RI dari Komisi VII Rusda Mahmud saat menyerahkan bantuan kepada salah satu nelayan di Kolaka Utara (14/11/2022)

Bantuan Mesin Pendorong Konvensi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk nelayan tangkap ikan Kolaka Utara sebanyak 499 unit yang terdiri Varian 1 mesin 6,5 PK (Pferdestarke) sebanyak 436 unit,Varian 2 mesin 9 PK sebanyak 36 unit, Varian 3 mesin 13 PK sebanyak 27 unit.

Ketua DPRD Kolaka Utara Buhari saat menyerahkan Bantuan Kepada Sair (Mangge) Salah satu nelayan tradisional paling tua di Kecamatan Lasusua Kolaka Utara yang telah melaut lebih dari 30 tahun

Dikatakan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kolaka Utara Muhsin bahwa Bantuan tersebut distribusikan ke 13 kecamatan terdiri dari Kecamatan Wawo 29 unit, Kecamatan Rante angin 16 unit, Kecamatan lambai 30 unit, Kecamatan Lasusua 60 unit,Kecamatan katoi 105 unit,Kecamatan kodeoha 76 unit, Kecamatan tiwu 35 unit, Kecamatan watunohu 29 unit, Kecamatan pakue 52 unit, Kecamatan Pakue Utara 15 unit, Kecamatan Pakue Tengah 40 unit, Kecamatan Batuputih 6 unit, Kecamatan tolala 6 unit.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kolaka Utara Muhsin saat menyerahkan Bantuan

“Paket program Konvensi BBM ke BBG untuk nelayan Kolaka Utara yakni mesin, 2 tabung LPG 3 Kg, Konkit, Bracket, Regulator, Selang, Oli pertamina 2 liter, Tools Kit, Manual Book Mesin dan buku garansi, Manual Book dan Paket dudukan mesin, Housing, PTO dan Stang, Propeler dan long tail,”Ujarnya.

Diapun menambahkan bahwa konvensi BBM ke BBG memberikan banyak manfaat pada para nelayan seperti menghemat penggunaan BBM yang harusnya biasanya menggunakan 6 liter BBM namun dengan BBG gas yang digunakan 3kg bisa digunakan dengan harga 20.000.

“Dengan BBG ini nelayan bisa menghemat sampai 50 persen, apalagi dengan BBG ini tidak lagi berasap , seperti pake BBM,”Katanya.

Sementara itu Anggota DPR RI dari Komisi VII Rusda Mahmud menyatakan bahwa selain bantuan untuk para nelayan sebayak 499 unit pihaknya juga akan memberikan bantuan drone untuk para petani di wilayah kolaka Utara sebagai alat untuk penyiraman dan penyemprotan dilahan persawahan.


“Bantuan ini diberikan untuk para nelayan yang ramah lingkungan, dan kadis perikanan harus mengawasi hal tersebut dan jika diketahui ada yang melakukan pemboman ikan, maka bantuan mesin akan ditarik kembali” Ujarnya.

Sebagai perwakilan masyarakat Kolaka Utara di Senayan, Rusda Mahmud mengatakan bahwa akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya untuk mendapatkan bantuan.

“Kita akan memperjuangkan aspirasi masyarakat dan Insya Allah ini ada juga bantuan KWH gratis, dan bantuan tersebut bukan dari PLN melainkan dari Kementerian ESDM hanya saja yang memasang dari PLN,”Katanya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img