6,5 Hektar Lahan Perkebunan Kakao di Desa Kasumeeto Kolaka Utara di Revitalisasvi

Sabtu 13 Desember 2020 Perkebunana Kakao di Desa Kasumeeto Kecamatan Pakue di Revitalisasi. Kegiatan Aksi revitalisasi kakao diatas lahan seluas 6,5 hektar dengan jumlah bibit sebanyak 6,500 pohon tersebut dihadiri Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman Umar .

Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman Umar bahwa di Desa Kasumeeto yang belum dilakukan program revitalisasi kurang lebih 50 hektar dan Bupati berharap di tahun 2021 mendatang lokasi tersebut dapat masuk dalam program revitalisasi. “Di desa ini (red:Kasumeeto) yang belum direvitalisasi kurang lebih 50 hektar lagi”katanya.



Lebih Lanjut Bupati menjelaskan bahwa tanpa petani Kita bukan siapa-siapa pasalnya lewat tangan-tangan petani sehingga ada beras, gandum, kakao dan berbagai hasil pertanian lainnya. Bupati juga mengajak untuk lebih menghargai dan menjunjung tinggi kerja keras para petani kita.

Diapun berharap bahwa Petani bisa menjadi petani yang sesungguhnya dengan memelihara dengan baik tanaman kakaonya, pasalnya seorang petani bukan hanya menanam namun harus mampu memelihara tanaman tersebut hingga sukses dan memberikan dampak ekonomi Masyarakat.

“Kita itu jangan hanya menanam tapi tidak dipelihara tanaman kakaonya, karena tanaman itu juga butuh perhatian lebih seperti di pupuk di pangkas serta pemeliharaan lainnya,”Tandasnya. (L)


Penulis : Sulaeha,S.Sos
Photo : Harmawan,S.SI & Fathullah Hasyim

Komentar