29.5 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

80 Orang Anggota BPD di Kolaka Utara Ikut Bimbingan Teknis

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sebanyak 80 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  di Kolaka Utara mengikuti Bimbingan Teknis untuk peningkatan kapasitas sebagai perwakilan masyarakat di desa masing-masing. 


Kegiatan dilaksanakan di aula salah satu hotel di Kolaka Utara Rabu Kamis (17/11) yang dihadiri langsung pejabat Bupati Kolaka Utara Panriringi, SE, M. SI, Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Utara Buhari S. Kel, M. Si perwakilan dari Kejaksaan dan Polres Kolaka Utara. 

Dikatakan Buhari Selalu Ketua DPRD Kolaka Utara menyatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pasalnya BPD selama ini ditinggalkan oleh Kepala Desa, pasalnya BPD memiliki tiga fungsi sama dengan DPRD. 

“Fungsi anggaran, Fungsi legislasi dan pengawasan, BPD itu bukan lawan kepala desa namun sinergitas antara BPD dan Kepala Desa jika BPD maju desa juga maju, ” Katanya. 

Sementara itu di Katakan Pejabat Bupati Kolaka Utara, proses penyelenggaraan di tingkat desa BPD bersinergi dengan Pemerintah Desa Desa, dan bukan lagi saatnya BPD dan Kepala Desa baku Bombe, jika saling bersinergi tidak ada masalah lagi di tingkat desa. 

“Kapasitas bukan tata cara kerja tapi etika  jika etika bagus kapasitas bagus, ujung tombak pemerintahan ada di pemerintahan jadi sinergitas antara pemerintah dan BPD harus terus terjaga. 

Diapun menyatakan bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan  BPD dirinya akan melakukan rapat khusus dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kolaka Utara terkait peningkatan kesejahteraan BPD. 

“Teman-teman Pemdes jika dimungkinkan  kenapa tidak Dialokasikan biaya perjalanannya untuk konsultasi di Kabupaten dan nanti akan dibicarakan dengan Kadis PMD terkait kesejahteraan, dan pemberian tunjangan sementara berjalan” Katanya. 

Kegiatan Bimbingan Teknis untuk BPD akan digelar selama tiga Hari 17 sampai 19 November mendatang dan kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan Kompetensi SDM bagi anggota BPD, menyamakan persepsi anggota BPD dalam menyelenggarakan pemerintah Desa berdasarkan peraturan yang berlaku dan meningkatkan pemahaman dan penguasaan tugas-tugas , fungsi dan wewenang BPD.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img