900 Juta Zakat Profesi dari Aparatur Sipil Negara Dibagikan Pemda Kolaka Utara

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kolaka Utara selama Tiga bulan berhasil mengumpulkan zakat kurang lebih 900 Juta rupiah, dibulan suci ramadhan ini zakat profesi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 2,25 persen dari gaji ASN yang disetorkan.

Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs. H.Nurrahman Umar yang langsung membagikan zakat menyatakan bahwa jumlah santunan yang diberikan pada Fakir dan miskin tahun inilah paling banyak.

“Sebelumnya jumlah santunan yang didapatkan sebanyak Rp.300.000, naik menjadi 350.000 dan sekarang sudah di bedakan antara Fakir dan Miskin yaitu Fakir Rp.500.000 dan Miskin Rp.400.000, tahun ini terbanyak, semoga bisa membantu masyarakat apalagi di saat masa Pandemi ini dan bulan Ramadhan”Ujarnya.

Dijelaskan Wakil Ketua Baznas Kolaka Utara H.Mustamin bahwa penyaluran zakat tahun ini dirangkaikan dengan safari Ramadhan Pemda Kolaka Utara dan di bulan ini hanya 8 Kecamatan yang mendapatkan santunan zakat yakni Kecamatan Ngapa, Tiwu,Kodeoha, Katoi, Lasusua, Lambai, Ranteangin dan Wawo.

“Pembagian zakat untuk fakir dan miskin ini tahap pertama hanya 8 Kecamatan, 7 Kecamatan diwilayah selatan itu tahap kedua, dan Untuk tahap pertama ini kita akan salurkan sebanyak 973 juta, setiap desa terdiri dari 30 Fakir dan Miskin”Katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa untuk zakat profesi bukan hanya untuk Fakir miskin namun juga untuk bantuan pembangunan Mesjid, Sekolah, Sabilillah serta Muallaf.”Kalau tahun ini Muallaf tidak hanya diberikan santunan tapi juga akan dibina,”Tandasnya.

Komentar