29.7 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

Adipura Ke-6 Kalinya Untuk Kolaka Utara Sulawesi Tenggara

Penting Dibaca

Selasa (28/02/2023) Bupati Kolaka Utara Parinringi, S.E.,M.Si.,menerima langsung Piala Adipura yg diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc.,

Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) berhasil meraih Penghargaan Adipura untuk ke-6 (keenam) kalinya. Penghargaan tersebut diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai bentuk apresiasi bagi kota atau kabupaten di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Kota Lasusua menjadi titik pantau Adipura dan berhasil mendapatkan penghargaan tersebut tersebut kategori kota kecil.

Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Parinringi SE, menyatakan bahwa ini merupakan kali ke-6 Pemda Kolut berhasil meraih Penghargaan Adipura. Parinringi berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan kesadaran masyarakat khususnya kota Lasusua dalam menjaga lingkungan yang bersih.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak dan atas kesadaran masyarakat khususnya kota lasusua dalam menjaga lingkungan yang bersih. Penghargaan Adipura kembali diraih,” Ujarnya usai menerima penghargaan.

Bupati juga menyebutkan bahwa sejak dilantik dan ditugaskan pada bulan Agustus Tahun 2022 lalu, dirinya telah meluncurkan program “Hari Selasa Bersih” dan “Hari Jumat Sehat” yang rutin dilaksanakan. Meski sempat terhenti selama 2-3 tahun karena pandemi Covid-19, namun program tersebut kembali dilanjutkan pada tahun 2022 dan berhasil meraih penghargaan Adipura.

“Program Selasa Bersih cukup membantu Dinas Lingkungan Hidup dalam mengatasi dan mengantisipasi penilaian Adipura. Program tersebut melibatkan semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Camat, Kelurahan, dan Kepala Desa untuk melakukan pembersihan minimal 1-2 jam di wilayahnya masing-masing, “Katanya.

Parinringi berharap capaian penghargaan Adipura ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan agar ke depan Kolaka Utara dapat meraih Adipura kencana seperti daerah lain di Indonesia.Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun akan memberikan penghargaan Adipura tahun 2022 kepada beberapa daerah yang dinilai berhasil dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kebersihan, penyerahan penghargaan tersebut digelar di salah satu hotel di Jakarta.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img