Angka Kemiskinan di Kolaka Utara Menurun

Kolaka Utara merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Tenggara yang berhasil menekan angka kemiskinan setiap tahunnya, terbukti di tahun 2006 angka kemiskinan mencapai 28,09 Persen dan tahun 2016 turun hingga 17,11 Persen.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Daerah Kabupeten Kolaka Utara Drs.Iskandar,MM pada saat sosialisasi data pembangunan daerah kabupaten Kolaka Utara pada Jum’at (3/11) di salah satu hotel di Lasusua bahwa dalam kurung waktu 10 tahun angka kemiskinan di Kolaka Utara menurun kurang lebih 10%.

“Pada awal pemekaran kabupaten Kolaka Utara tahun 2006 angka kemiskinan kita sebesar 28,09% dan dan pada tahun 2016 mencapai 17,11%,”katanya.

Meski Kolaka Utara berhasil menurungkan angka kemiskinan namun kata dia jika dibandingkan dengan daerah-daearah lain di Sulawesi tenggara jumlah angka kemiskinan di Kolaka Utara menjadi salah satu daearah yang masih tinggi angka kemiskinannya.

“Tingginya angka kemiskinan tentunya banyak faktor yang mempengaruhi, garis kemiskinan yang mengambarkan pengeluaran minimum yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok minimum kolaka utara sebesar Rp.388.041 perkapita perbulannya, merupakan pengeluaran tertinggi di Sulawesi tenggara,”terangnya.

Lebih lanjut diapun menambahkan bahwa berdasarkan data statistik pendapatan perkapita penduduk Kolaka Utara menjadi salah satu pendapatan tertinggi, “berbagai indikator yang telah dirilis BPS Kolaka Utara menunjukkan bahwa pembangunan ekonomi ekonomi yang kita laksanakan cukup tinggi yang dapat dilihat pada PDRB Kolaka Utara yang naik tiap tahunnya,”tandasnya.

Komentar