Antisipasi Bencana BPBD Kolaka Utara Gelar Simulasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara menggelar Simulasi pertolongan pertama pada korban Bencana yang digelar di lapangan Aspirasi Kabupaten Kolaka Utara.

Simulasi Pertolongan Pertama tersebut melibatkan berbagai unsur dan organisasi baik dari TNI, Palang Merah Indonesia (PMI) Tagana, Pramuka dan organisasi Lainnya. Yang dihadiri langsung Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman Umar, Kapolres Kolaka Utara AKBP I Wayang Rico Setiawan dan jajaran kepala OPD.

Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs H.Nurrahman Umar bahwa kegiatan Simulasi pertolongan pertama dan kegiatan Gerakan Bersama Desa Tangguh Bencana (Gema Destana) yang terdiri dari 4 Kecamatan dan 9 Desa dantaranya Kecamatan Ranteangin Desa Landolia, Kecamatan Lasusua Desa Totallang dan Desa Pitulua, Kecamatan Kodeoha Desa Maruge, Kecamatan Tiwu Desa Tahibua dan Kecamatan Pakue Desa Sipakainge.


“Kegiatan ini sangat penting Gema Destana, simulasi ini memberikan pendalaman bagi masyarakat terutama tentang pentinggnya penanggulangan bencana yang didalamnya ada penanggulangan, dan bencana ini bukan tanggung jawab satu institusi tapi tanggung jawab kita bersama, untuk Gema Desatana ini 9 desa tapi kita harap semua desa melakukan hal yang sama”tuturnya.

Sementara itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara Dr Hj. Andi Syamsuriani menyatakan bahawa Bumi Patowanua adalah daerah yang rawan bencanana diantaranya bencana Banjir, Tanah longsor, Angin Ptting Beliung, Gelombang Tinggi, Karhutla.

“Tujuan kegiatan ini terbentuknya Komunitas dan relawan yang tanggap, tangkas dan Tangguh baik pada bidang pencegahan dan kesiap-siagaan, oenanganan darurat, Jitupasna,”tandasnya. (L)

Komentar