23.9 C
Kendari
Jumat, 24 Mei 2024

Apel Besar Meriahkan Hari Pramuka ke-62 di Kabupaten Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pemda Kabupaten Kolaka Utara merayakan Hari Pramuka ke-62 dengan megah melalui Apel Besar yang diadakan di lapangan sepak bola Desa Puncak Monapa, Kecamatan Lasusua. Acara ini turut dirangkaikan dengan pembukaan Perkemahan Eksekutif dan perayaan 17 Agustus di Kecamatan Lasusua.Jumat (18/8).

Pejabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE, M.Si, menjadi Insepektur upacara yang juga membuka Perkemahan Eksekutif dan merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Penghargaan juga diberikan kepada pengurus Pramuka Kabupaten Kolaka Utara sebagai bentuk apresiasi.

Dijelaskan panitia yang juga kepala Kesbangpol Kolaka Utara Andi Adha Arsyad, kegiatan Pramuka pada tahun ini memperlihatkan semangat tinggi, dengan bentuk Apel Besar yang berbeda dari biasanya, serta keikutsertaan dalam Raimuna Nasional tahun 2023 di Cibubur. Kontingen dari Kabupaten Kolaka Utara yang terdiri dari 40 anggota Pramuka penegak usia SLTA ikut berpartisipasi dalam Raimuna nasional, acara serupa Jambore untuk tingkat SMP dan sederajat.

Perkemahan Eksekutif yang diselenggarakan antara tanggal 16 hingga 20 Agustus 2023 dihadiri oleh peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk pramuka penegak dan perwakilan organisasi serta instansi. Kegiatan tersebut melibatkan 107 anggota pramuka penegak, dan 20 tim dari berbagai instansi yang berkompetisi pada sejumlah perlombaan seperti lomba pioneering, menghafal naskah Undang-Undang 1945, hiburan lagu, dan puisi

“Perkemahan eksekutif dari tanggal 16 sampai 20 Agustus 2023 peserta Perkemahan eksekutif terdiri dari pramuka penegak sebagai para peserta partisipan yang telah memulai kegiatannya pada 16 Agustus 2023 berjumlah 107 orang. Peserta penuh adalah perutusan setiap organisasi perangkat daerah dan Instansi vertikal serta perbangkan berjumlah 20 tim yang akan mulai pada 18 Agustus sampai dengan 20 Agustus 2023,“Jelasnya.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE, M.Si, menyatakan bahwa gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan semangat nasionalisme masyarakat. Di tengah tantangan sumber daya manusia yang terbatas, ia berharap jumlah serta kualitas pembina dan pelatih pembina Pramuka dapat terus ditingkatkan. Dengan semangat persatuan dan kesatuan, gerakan Pramuka akan menjadi garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air di tengah pergulatan politik dan perubahan zaman.

“Apel Besar Hari Pramuka ke-62 di Kabupaten Kolaka Utara menjadi panggung semangat Pramuka yang berkobar. Dalam suasana meriah, Perkemahan Eksekutif dan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 juga dilaksanakan dengan antusias. Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan semangat nasionalisme masyarakat. Dalam semangat persatuan dan kesatuan, gerakan Pramuka menjadi garda terdepan untuk merajut nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air.”Katanya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img