28.9 C
Kendari
Sabtu, 13 April 2024

Apel Siaga Bencana di Kolaka Utara untuk Menguatkan Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pejabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, S.E., M.Si., memimpin pelaksanaan Apel Siaga Bencana yang diselenggarakan di Lapangan Polres Kolaka Utara. Tujuan dari acara ini adalah mengintegrasikan seluruh komponen masyarakat, pemerintah, TNI-Polri, dan dunia usaha dalam menghadapi bencana, serta meningkatkan upaya mitigasi bencana melalui pembangunan fisik dan kesadaran serta kemampuan semua pihak dalam menghadapi bencana.

Dalam pidatonya, Pj. Bupati menyampaikan pesan kepada semua peserta untuk terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang potensi kebencanaan dan upaya mitigasi secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan agar masyarakat Kabupaten Kolaka Utara dapat aktif terlibat dalam proses antisipasi dan penanggulangan saat bencana terjadi. Pj. Bupati juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dari semua pihak, termasuk jajaran forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, ormas, relawan, wirausaha, dan tenaga kesehatan. Dengan adanya partisipasi tersebut, diharapkan tercipta komunikasi yang kuat dan koordinasi yang baik untuk mencapai kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana yang optimal.

“Peningkatan sinergi antara seluruh elemen masyarakat, pemerintah, TNI-Polri, dan dunia usaha adalah kunci dalam menghadapi bencana. Melalui Apel Siaga Bencana ini, kita mengajak semua pihak untuk terlibat secara aktif dalam proses antisipasi dan penanggulangan bencana. Dengan partisipasi yang kuat dan koordinasi yang baik, Kolaka Utara dapat menjadi lebih siap dan mampu mengelola dampak bencana secara optimal.”Katanya.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres Kolaka Utara, AKBP Moh. Yosa Hadi, serta jajaran forkopimda lainnya. Pada kesempatan ini, Kapolres juga menyampaikan pesan-pesan penting mengenai peran TNI-Polri dalam penanggulangan bencana. Dia menegaskan komitmen TNI-Polri untuk terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat dalam melindungi serta memberikan perlindungan kepada seluruh lapisan masyarakat saat terjadi bencana.

Apel Siaga Bencana ini diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama antara berbagai pihak dalam penanggulangan bencana. Dengan adanya koordinasi yang baik dan partisipasi aktif dari semua elemen masyarakat, diharapkan Kolaka Utara dapat menghadapi bencana dengan lebih siap dan mampu mengelola dampaknya secara optimal. Turut hadir pada acara Apel ini Ketua DPRD Buhari, S.E., M.Si., forkopimda, dan Kepala OPD.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img