Banyak Kepala Desa Bermasalah, Inspektorat Kolaka Utara Gencar Sosialisasi

Hampir setiap tahun ada saja Kepala desa yang terjerat kasus Korupsi, Untuk mengurangi Kepala Desa bermasalah Inspektorat Kabupaten Kolaka Kolaka Utara akan gencarkan sosialisasi dan melakukan evaluasi dan review laporan kepala desa Per Triwulan.

Seperti yang diungkapkan Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Kolaka Utara Dr.Hj.A.Syamsuriani, bahwa selain memperbanyak sosialisasi tentang dampak dari penyalahgunaan Dana Desa yang menjerat kepala hingga masuk bui dan akan melakukan sistem pengawasan dana desa.

“Kita akan banyak Melakukan sosialisasi terkait resiko daripada seluruh perencanaan Kepala Desa, Kedua kita akan mengkoneksikan ada sistem yang dibuat oleh Inspektorat yakni sistem aplikasi evaluasi keuangan dana desa,”Ujaranya.

Diapun menyatakan bahwa selama evaluasi dan pendampingan dilakukan setelah tahun berjalan kini pihaknya berupaya evaluasi dilakukan per triwulan” kita akan melakukan evaluasi dan review itu per triwulan atau per semester”Jelasnya.

Selain itu kata dia Kepala desa yang dianggap bebal dan tidak mengindahkan rekomendasi dari Inspektorat akan dilepas untuk berproses dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Setelah kita review dari perencanaan kepala desa, dan dilanjutkan audit.setelah itu melahirkan rekomendasi dan jika rekomendasikan tidak di kndahhkan kita akan melakukan sidang Majelis di lingkup Inspektorat, untuk menganalisis apakah masalah bisa diselesaikan atau tidak, jika tidak maka kita akan lepas untuk ditindak lanjut,”Tandasnya. [L]

Komentar