24.3 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Banyak Yang Belum Menanam Bibit bantuan, Wakil Bupati Kolut H. Abbas Himbau Masyarakat Segera Tanam

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Wakil Bupati Kolaka Utara H. Abbas,SE, menghimbau kepada seluruh petani di Kolaka Utara yang telah mendapatkan bibit bantuan kakao untuk segera menanam bibit tersebut pasalnya, masih banyak masyarakat Kolaka Utara yang memperoleh bantuan bibit tapi belum menanam dan hanya disimpan disekitaran rumah.

Seperti yang diungkapkan Wakil Bupati saat menghadiri penanaman kakao di kecamatan Katoi Senin (7/10/2019).bahwa dirirnya telah berkeling di beberapa dan melihat masih banyak masayarakat yang belum menanam pasalnya, jika tidak ditanam se segera mungkin dikhawatirkan kakao tersebut tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

“Dalam penanaman ini kita ingin membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk menanam, sejak September hingga Oktober membangkitkan kembali semangat masyarakat, bagaimana menanam bibit yang ada ada dan tidak di Simpan di samping rumah lagi,”Katanya.

Dia pun menyatakan bahwa, selama beberapa bulan terakhir dari hasil pantauan di desa-desa, dirinya ingin mengetahui langsung tentang bibit tersebut, setelah ditanam perkembangannya seperti apa, siapa tahu ada masalah dengan bibit tersebut, namun kenyataan yang didapati di lapangan sangat berbeda.

“Banyak masyarakat yang bilang belum ditanam, sementara kalau tidak ditanam bagaimana caranya untuk berubah, di tanam saja belum tentu berbuah, masih butuh proses yang panjang, butuh doa dan perawatan lebih,”ujarnya.

Dia pun menambahkan jika ada masyarakat sudah mengambil bibit namun enggan untuk menanam, dia pun meminta kepada camat dan kepala desa untuk mengambil bibit tersebut dan diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan dan ingin menanam.

“diambil kembali itu bibit kemudian diserahkan kepada keluarga yang ingin menanam, masih banyak yang ingin menanam, para camat dan teman-teman kepala desa sekecamatan katoi ini, untuk mendata jumlah bibit yang sudah disebarkan jika masih ada belum ditanam dan masyarakat tidak mau menanam lebih baik bibit tersebut diserahkan kepada yang ingin menanam,”katanya.

Anggota DPRD Kolaka Utara Buhari, S.Kel.M.Si (kanan) Saat menghadiri penanaman kakao di kecamatan Katoi Senin (7/10/2019)

Di tempat yang sama anggota DPRD Kolaka Utara Buhari juga mengungkapkan bahwa Kolaka Utara pernah menjadi daerah yang jaya dengan hasil kakaonya, sehingga program revitalisasi kakao adalah program yang tepat untuk mengembalikan kejayaan masyarakat bumi patampanua, seperti yang diungkapkannya bahwa kakaolah dia dan saudarnya bisa sekolak tinggi dan menjadi sarjana.

“Saya bersaudara Alhamdulillah bisa sekolah tinggi karena coklat, untuk masyarakat kelompok tani mari kita sambut program bupati dan wakil bupati ini, dan alasannya secara jelas karena kita pernah sukses dengan coklat, pemerintah daerah memiliki tujuan yang mulia tujuan yang suci untuk mengisi kantong-kantong masyarakat,”tuturnya.

Wakil Bupati Kolaka Utara H. Abbas saat menghadiri penanaman kakao di kecamatan Katoi Kolaka Utara pada Senin (7/10/2019)
- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img