31.1 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Basarnas Gelar Pelatihan di Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Badan Sar Nasional Sulawesi Tenggara (Basarnas) Gelar Rapat Koordinasi (Rakor),Pelatihan dan Latihan pencarian dan pertolongan selama sepekan di Bumi Patampanua, Digelarnya latihan dan Pelatihan Basarnas sehingga para peserta nantinya bisa ikut terlibat langsung saat terjadinya bencana alam, dan mengetahui tugas dan fungsi masing-masing.

Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs.Nur Rahman Umar Bahwa Bumi Patampanua merupakan daerah yang rawan bencana seperti longsor dan banjir,pasalnya wilayah kepemimpinanya itu struktur tanahnya labil dan minim bebatuan sehingga rawan banjir dan tanah longsor.

“Kolaka Utara secara geografis sangat berfotensi terjadi bencana baik bencana banjir maupun bencana dilaut, karna wilayah kami terdiri laut dan daratanya merupakan pegunungan yang memiliki struktur batuan yang kurang dan tanahnya gembur sehingga berpotensi terjadinya bencana,”katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa digelarnya latihan dan pelatihan SAR sangat berarti pasalnya dengan pelatihan tersebut para peserta diberi pengetahuan tata cara Search and Rescue, serta penanganan tanggap darurat.

“Kami bersyukur dengan kegiatan seperti ini dapat memberikan pengetahuan pada masyarakat lainya yang terkena bencana dan pesertanya berasal dari Instansi terkait yag terlibat dalam penanggulangan bencana baik dari TNI,Polri,Organisasi,dan SKPD,”tuturnya.

Sementara itu dikatakan Kepala Basarnas Sulawesi Tenggara Djunaedi bahwa Kolaka Utara memiliki struktur tanah yang gembur sehingga sangat rawan terjadi longsor dan banjir, apalagi intensitas bencana akhir-akhir ini tinggi , sehingga pelatihan SAR sangatlah penting dilaksanakan di Kolaka Utara.

“Kita disini dalam pelatihan mempelajari ilmu SAR yang sesuai dengan prosedur, pasalnya jika terjadi bencana masyarakat turut serta dan ke ikut sertanya harus dibekali pengetahuan SAR,”Tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img