29.1 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sabtu (9/12) Panitia Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024, dalam kegiatan tersebut hadir Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir. Sukanto Toding, MSP,.MA, bersama dengan Kapolres Kolaka Utara diwakili Kabag Ops dan para Forkopimda lainnya. Acara ini ditandai dengan pelepasan balon udara serta penandatanganan kampanye damai.

Rusdi, Ketua Bawaslu Kabupaten Kolaka Utara, menyatakan keamanan masa kampanye selama 12 hari ini tanpa adanya pelanggaran sejak 28 November. Dia pun menambahkan bahwa selain mengawasi kampanye, pengawasan distribusi logistik, dan DPTB juga menjadi fokus pengawasan karena bisa menjadi titik yang memunculkan persoalan.

“Marilah kita mitigasi sedini mungkin agar pelanggaran tersebut bisa diantisipasi. Dalam pengawasan kampanye, perlu kita memahami gawean tahapan kampanye dan subjek hukumnya,” tutupnya.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir. Sukanto Toding, MSP,.MA, menjelaskan bahwa apel siaga ini merupakan momen penting untuk menegaskan komitmen bersama dalam menjaga integritas dan keadilan dalam proses pemilihan umum. Seluruh pihak, termasuk pemangku kepentingan, diminta untuk memastikan bahwa tindakan yang diambil berdampak positif pada kepercayaan masyarakat terhadap Pemilu.

Pemilu dianggap sebagai pilar utama dalam membangun negara demokratis yang kuat. Dalam upaya mewujudkan tujuan nasional sesuai UUD 1945, kepemimpinan yang dekat dengan kehendak rakyat diharapkan melalui pemilihan ini.

Dalam mengingatkan Bawaslu dan pihak terkait, Dr.Ir. Sukanto Toding menekankan pentingnya tahapan masa kampanye yang dimulai sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Dia juga menyarankan agar Bawaslu menjalankan tugas pengawasan dengan tanggung jawab dan profesionalisme penuh serta berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah.

Apel Siaga ini diharapkan menjadi momen memperkuat semangat solidaritas dalam menjalankan tugas negara. Dr.Ir. Sukanto Toding juga mengajak semua pihak untuk bersatu, berkomitmen, dan bekerja sama demi mewujudkan Pemilu yang jujur, adil, dan demokratis.

“Kepada teman-teman Panwas Kecamatan serta Panwas Kelurahan dan Desa, saya berpesan untuk tetap memegang teguh dasar-dasar pelaksanaan tugas yang telah diamanahkan kepada kalian semua. Anda semua adalah ujung tombak, garda terdepan, yang memastikan apakah proses Pemilu berjalan sesuai asas dan Undang-Undang. Jangan takut intimidasi, jangan tergoda iming-iming. Anda telah disumpah untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat demi suksesnya pemilu ini. Kami dan seluruh pemangku kepentingan tentu tidak akan membiarkan intimidasi kepada teman-teman Panwas Kecamatan, Panwas Kelurahan, dan Desa.”Tutupnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img