Berupaya Tingkatkan kualitas pendidikan Kepala MTsN 1 Kolaka Utara Lakukan Supervisi di Kelas

Kepala Madrasah Tsanawiyah Neggeri (MTsN) 1 Kolaka Utara (Kolut) berupaya meningkatan pelayanan dan kualitas pendidikan di madrasahnya.  Salah satunya dengan melakukan supervisi langsung ke dalam kelas, Selasa (4/9).

Guru yang sedang mengajar di kelas dipantau dan dinilai kinerjanya, apakah dalam proses pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang direncanakan sebelumnya.

Kepala MTsN 1  Kolaka Utara, Sarajuddin Silapa SPd mengatakan, supervisi di dalam kelas ini juga sebagai upaya memaksimalkan peran dirinya sebagai kepala madrasah. Hal ini karena kepala madrasah memiliki tanggung jawab besar dalam dunia pendidikan, sehingga secara pribadi bertanggung jawab terhadap amanah yang diemban dalam memimpin MTsN 1 Kolut.

“Tentunya hal ini untuk meningkatkan layanan terhadap warga madrasah, ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab kepala madrasah,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan supervisi ini akan rutin dilaksanakan selama dirinya menjabat kepala madrasah, minimal dua kali dalam setahun.

Beliau juga menambahkan bahwa supervisi ini merupakan serangkaian kegiatan membantu guru, mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran, untuk mencapai tujuan.

Menurut  Sarajuddin,  dalam kegiatan supervisi ini, ada beberapa yang diamatinya, salah satunya perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar.

Hasil dari supervisi ini akan ditindak lanjuti,  bagi guru yang telah memenuhi standar diberi penguatan untuk meningkatkan semangat kerja dalam mencapai prestasi kerja yang semakin baik, dan bagi guru yang belum memenuhi standar dilakukan pembinaan untuk membangkitkan dan memelihara kegairahan kerja guru untuk mencapai prestasi kerja yang lebih baik.

“Harapan kita, dari hasil Superivisi ini, profesionalitas guru dalam mendidik meningkat, sehingga proses pembelajaran yang diharapkan tercapai”, pungkasnya.(Sp)

Komentar