Bhabinkantibmas Polres Kolaka Utara Ikut Awasi Dana Desa

Bhabinkantibmas Polres Kolaka Utara yang selama ini bertugas  untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat desa, kini mendapat tugas baru untuk mengawasi penggunaan dana desa.

Dikatakan Kapolres Kolaka Utara AKP Bambang Satriawan bahwa bhabin yang bertugas di setiap desa akan terjun langsung meengawasi penggunaan Dana Desa yang dikelola langsung kepala desa.”bhabin akan mengawasi dana desa sehingga penggunaan dana desa itu harus di ketahui oleh bhabinkantibmas,”katanya.

Sementara itu di Katakan Bupati Kolaka Utara Drs.Nur Rahman Umar bahwa pengawasan dana desa selain melibatkan kejaksaan juga akan melibatkan  Polri yakni akan di awasi langsung oleh bhabin kantibmas,”dalam waktu dekat ini kita akan membuat MOU untuk pengawasan dan desa dengan polres Kolaka Utara,”Katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa saat ini sekitar 70 persen Kepala Desa di Indonesia menjadi tersangka penyalahgunaan dana desa sehingga diapun berharap Kepala Desa di wilayah otoritasnya itu tidak tersandung masalah hukum,”saya berharap kepala desa di Kolaka Utara tidak melakukan penyimpangan penggunaan dana desa, sehingga perlu dilakukan pengawasan dari semua kalangan termasuk masyarakat harus ikut mengawasi dana desa,”Ujarnya.

Sementara itu kata dia bahwa untuk pengelolaan dana desa harus melibatkan masyarakat desa setempat dan pembangunan fisik harus swakelola atau padat karya sehingga ada perputaran uang di  Desa ,”untuk pembangunan fisik desa harus melalui swakelola yakni pembanguna  fisik seperti dekker itu dikerjakan oleh masyarakat setempat “Ujarnya di hadapan 127 kepala desa di Kolaka utara.

Komentar