25.1 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

BPKSDM Ingatkan ASN Jaga Netralitas dalam Pemilu 2024

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang tinggal menghitung hari lagi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPKSDM) Kolaka Utara mengingatkan para abdi negara di Bumi Patowanua untuk menjaga netralitasnya.

Menurut Plt. BPKSDM Kolaka Utara, Mawardi Hasan, ST, hal ini berdasarkan surat edaran Bupati 800/381/tahun 2023. Dalam surat edaran tersebut setiap ASN dilarang memberikan dukungan kepada calon presiden, wakil presiden, calon kepala daerah, wakil kepala daerah, calon anggota dewan perwakilan rakyat daerah, atau calon anggota dewan perwakilan rakyat daerah dengan berbagai cara yang termasuk ikut kampanye.

“ASN juga tidak diperbolehkan membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye,” jelasnya.

Poin kedua dalam surat edaran tersebut menekankan kewajiban setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mensosialisasikan dan melaksanakan keputusan bersama menteri terkait netralitas ASN dalam penyelenggaraan Pemilu. Hal ini termasuk mensosialisasikan surat edaran gubernur provinsi Sulawesi Tenggara nomor 200.2.1/6589 Tahun 2023.

“Melalui sosialisasi dan implementasi kebijakan ini, diharapkan tercipta iklim yang kondusif dan dilakukan pembinaan serta pengawasan netralitas oleh pegawai ASN,” tambahnya.

Mawardi Hasan juga menekankan perlunya pengawasan terhadap ASN untuk tetap menjaga netralitas sebelum dan sesudah masa kampanye. Seluruh ASN diminta untuk tetap menjaga kebersamaan dan jiwa korps pegawai republik Indonesia dalam menyikapi situasi politik yang ada, tanpa melakukan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan atau indikasi tidak netral.

“Netralitas ASN dalam pemilu adalah fondasi penting dalam menjaga integritas demokrasi dan keberlangsungan negara,” tegasnya.

Dalam konteks ini, penting bagi seluruh ASN di Kolaka Utara untuk mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku, serta menjaga netralitas sebagai abdi negara.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img