31.1 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

BPS Kolaka Utara Lakukan Program Pembinaan Desa Cinta Statistik #desacantik

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga pemerintah yang memiliki kewajiban dalam hal pengembangan statistik di Indonesia tentunya harus mampu berkontribusi dalam penguatan kegiatan statistik. Sesuai dengan visi dan misinya, salah satu kewajiban BPS adalah memberikan pembinaan kepada K/L/D/I melalui sistem statistik nasional (SSN) yang berkesinambungan, termasuk sampai dengan tingkat desa. Oleh karena itu, pada tahun 2021 BPS mulai merancang suatu program pembinaan statistik sektoral tingkat desa melalui Program Desa Cinta Statistik #desacantik


BPS Kabupaten Kolaka Utara mulai melaksanakan pembinaan Desa Cinta Statistik di Desa Lambuno Kecamatan Katoi dan Desa Powalaa Kecamatan Pakue Tengah. Pembinaan ini dimaksudkan agar desa dapat menyiapkan data-data strategis yang dapat digunakan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi berbagai program di desa. Selain itu, pembinaan Desa Cinta Statistik juga dimaksudkan untuk mempermudah pengumpulan data Potensi Desa yang dilaksanakan oleh BPS Kolaka Utara dan pengumpulan data lainnya yang dibutuhkan oleh instansi di Pemerintah Daerah Kolaka Utara.

Pembinaan Desa Cinta Statistik dimulai dengan pelatihan yang diikuti oleh aparat desa. Pada proses pelatihan ini, aparat desa akan dibekali materi tentang pentingnya data strategis desa. Selain itu juga disampaikan tentang materi konsep dan defenisi berbagai data yang akan disusun. Selanjutnya dilakukan pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan masyarakat.  Tahap akhir akan dilakukan penginputan data oleh aparat desa. Semua tahapan ini mendapatkan pengawasan langsung dari pegawai BPS Kabupaten Kolaka Utara.

Dengan adanya program ini, beberapa data yang dihasilkan antara lain, update data kependudukan, data kondisi perumahan tiap keluarga, , data penderita penyakit kronis dan penderita cacat, data keluarga penerima program bantuan,data usaha yang dimiliki tiap keluarga, data pertanian tiap keluarga dan lainnya. Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, M.H. melalui akun youtube BPS Kolaka Utara menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pembinaan Desa Cinta Statistik. Juga beliau berharap agar program ini bisa dilanjutkan untuk desa yang lain.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img