BPS Merupakan Mitra Strategis Dinas Kominfo Dalam Penyajian Data

Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian menerima kunjungan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kolaka Utara yang dipimpin Kepala Seksi Statistik Sosial (Hidatullah) dan diterima langsung oleh Kepala Bidang Persandian dan Statistik (Alauddin syah, SE) serta didampingi Kepala Seksi Desiminasi dan Layanan Statistik (Hajrah S.Sos), Rabu (21/8/2019).

Dinas Kominfo dan Persandian bersama BPS selama ini terjalin kerja sama sekaligus mitra khususnya dalam hal penyusunan dan penerbitan buku “Kolaka Utara Dalam Angka” yang dipublikasikan setiap tahun.

Buku Kolaka Utara Dalam Angka memuat gambaran umum tentang keadaan geografis serta perkembangan kondisi sosial demografi dan perekonomian Kabupaten Kolaka Utara.

Semua data yang disajikan dihimpun oleh BPS baik data yang dihimpun langsung (data primer) maupun (data sekunder )yang diperoleh dari instasi pemerintah dan swasta yang ada di wilayah Kolaka Utara.

Menurut Hidayatullah kunjungannya bertujuan meminta tanggapan terkait layanan BPS sebagai mitra sekaligus mendokumentasikan kegiatan reformasi birokrasi yang dilakukan BPS terutama dalam hal pelayanan, serta mensosialisasikan sensus penduduk 2020 dimana pada bulan februari sampai maret 2020 akan ada layanan sensus online dan diharapkan ASN dapat mengisi sendiri datanya dan sensus secara umum pada bulan mei tahun 2020.

Hidayatullah berterimahkasih atas kerjasama Dinas Kominfo dan Persandian selama ini dimana saling mendukung terutama dalam hal sharing informasi serta publikasi kemasyarakat melalui website Pemda Kolaka Utara yang beralamat di https://www.kolutkab.go.id/


Hampir 90% data-data statistik dalam publikasi website Pemda Kolaka Utara merupakan supply data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kolaka Utara. Mengapa? BPS merupakan Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang secara resmi negara tunjuk untuk menjalankan Pengkajian, penyusunan dan perumusan kebijakan di bidang statistik nasional dan regional. BPS juga berkewenangan merancang rencana nasional secara makro di bidangnya, mendukung pembangunan secara makro, Penyusun pedoman penyelenggaraan survei statistik sektoral & berbagai kegiatan statistik lainnya. Urusan statitistik termasuk di regional BPS menjadi lembaga yang paling fokus pada pengkajian dan penyajian statistik di berbagai sektor. Kominfo percaya Kerja sama BPS dan Kominfo Kolaka Utara dapat menjadi trigger untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan kaya akan informasi dan data.


Komentar