Sabtu-Minggu Capil Kolaka Utara Buka, Meski Hari Libur

Untuk mempercepat pelayanan kependudukan dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DisdukCapil) Kabupaten Kolaka Utara akan membuka pelayanan di hari Sabtu dan Minggu.

Seperti yang diungkapkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Kolaka Utara Drs.Buhari bahwa mulai pekan depan di bulan Januari pihaknya sudah buka pelayanan di Sabtu dan Minggu.

“Salah satu upaya kita untuk mempercepat pelayanan kita akan buka pada Sabtu dan Minggu dan ada Tiga staf yang akan piket bergantian untuk memberikan pelayanan,”Katanya.

Diapun menyatakan bahwa selain buka pada hari Sabtu dan Minggu untuk memberikan pelayanan maksimal di masa pandemi Covid-19 ini pihaknya telah menggandeng Jasa pengantaran di Kolaka Utara mengantar dan menjemput berkas dan dokumen kependudukan masyarakat di wilayah Kota Lasusua.

“Tahun ini kita bekerjasama dengan salah satu perusahaan jasa pengantaran di Kolaka Utara, untuk masyarakat yang mau urus dokumen, berkasnya dapat dikirim melalui online atau WA dengan link https://linktr.ee/dukcapilkolut atau bisa juga diantar langsung ke dukcapil, tapi tidak usah ditunggu. Nanti sore hari atau besok paginya dokumen yg sudah jadi akan diantar ke rumah masyarakat melalui jasa kurir. Jadi masy menerima dokumen yg dirusnya dirumah”Ujarnya.

Ditahun ini pihaknya fokus untuk menuntaskan perekaman untuk masyarakat yang belum memiliki Nomer Induk Kependudukan (NIK) pasalnya masih ada sekitar 8 persen lagi warga yang belum melukan perekaman KTP.

“Target kita dari Dirjen Dukcapil itu 98 persen dan saat ini sudah 90 persen, jadi masih ada 8 persen lagi yang akan kita tuntaskan tahun ini, sekitar 9.800 masyarakat yang belum ber NIk,”Ujarnya.

Diapun menyatakan bahwa pihaknya siap menuntaskan target tersebut di tahun ini dengan sistem jemput bola dan akan melakukan perekaman di desa yang paling banyak warganya yang belum memiliki NIK.

“Untuk tahap pertama satu Kecamatan ada Dua desa dan yang akan kita lakukan perekman dan tahun ini ada 50 desa target kami,”Tandasnya. (L)

Komentar