31.7 C
Kendari
Jumat, 19 April 2024

Bupati: 2023 Pemda Akan Tanggung BPJS Ketenagakerjaan Guru Honorer Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dalam rangka memberikan jaminan sosial untuk para guru, Pemda Kolaka Utara pada tahun 2023 mendatang akan mendaftarkan 1.500 orang guru pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenaga kerjaan.

Hal tersebut, disampaikan Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE., M.Si saat menghadiri Rapat Kordinasi (Rakor) bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka Utara, H. Muh. Idrus, S.Sos., M.Si,

“Secara keseluruhan iuran bulan tidak dibebankan ke guru tenaga honorer, tapi ditanggung oleh Pemerintah Daerah melalui Dikbud Kolaka Utara,” Katanya

Lebih lanjut Bupati menambahkan pemberian BPJS ketenagakerjaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan Pemerintah Daerah dan Dikbud Kolaka Utara atas kinerja serta dedikasi para guru honorer.

“Merekalah yang selama ini bekerja keras mendampingi para guru PNS mendidik anak-anak kita dalam proses belajar mengajar di sekolah, sehingga patut lah kalau kita mengapresiasi jasa-jasa mereka,” jelasnya.

Selain itu, kehadiran BPJS ketenagakerjaan bagi mereka lanjutnya, dapat memberikan jaminan keamanan dalam bekerja.

“Jika suatu waktu mereka dalam menjalankan tugas ada musibah yang tidak kita harapkan berupa kecelakaan, khususnya honorer yang bertugas di daerah pelosok, maka mereka berhak mendapatkan santunan dari BPJS ketenagakerjaan,” bebernya.

Bupati Parinringi, berharap program tersebut dapat bermanfaat bagi guru honorer yang tersebar di 142 sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Kolaka Utara.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat teman-teman guru tenaga honorer di Kabupaten Kolaka Utara,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H. Muh. Idrus, S.Sos., M.Si menyampaikan, kurang lebih 1500 guru tenaga honorer yang tersebar di SD dan SMP menjadi sasaran program BPJS ketenagakerjaan yang baru programkan tahun depan.

“Jumlah guru tenaga honorer itu sekitar 1500 orang, sasarannya hanya guru honorer di sekolah SD dan SMP. Untuk SMA itu bukan kewenangan kami,”Tuturnya.

Program tersebut mendapat apresiasi dan respon positif dari ratusan Kepala Sekolah yang turut hadir dalam Rakor yang diselenggarakan Dikbud Kolaka Utara di lantai III Aulah pertemuan Dikbud.

Salah satunya, Suarni, Kepala Sekolah SDN 4 Ngapa, kata dia, program BPJS ketenagakerjaan yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten melalui Dikbud untuk guru honorer sangat bagus.

“Kami sangat mengapresiasi program tersebut. Kalau bisa Pak kepala sekolah yang berprestasi juga diberi beasiswa lanjut S2,” pintanya kepada Pj Bupati dan Kadis Dikbud.

Senada, Madania, S.Pd., M.Si Kepala SDN 3 Tolala. Dia juga sangat mengapresiasi program BPJS ketenagakerjaan untuk guru honorer.

“Disekolah saya pak ada guru honorer, insyaallah saya akan sampaikan kepada mereka terkait program ini,” ujarnya di hadapan Pj Bupati dan Kadis Dikbud

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Kolaka Utara Raih Dua Penghargaan  dalam Musrembang Provinsi Sulawesi Tenggara

Kamis (18/4) di Kota Kendari digelar pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat provinsi Sulawesi Tenggara. Acara  tersebut  untuk merumuskan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img