Bupati Apresiasi Kinerja Anggota DPRD Dalam Menetapkan APBD Kolaka Utara Tahun 2020

Jumat, 25 Oktober 2019, Ketua DPRD Kolaka Utara Agusdin, S.Kom membuka Rapat Paripurna Penetapan Rencana Peraturan Daerah tentang APBD dan Rancangan Peraturan Bupati tentang APBD Kabupaten Kolaka Utara tahun 2020, Rapat dihadiri 18 anggota dan dinyatakan qourum dan terbuka untuk umum.

Pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan sejak tanggal 21-24 Oktober 2019 dan disepakati Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Tahun Anggaran 2020 dengan besaran nilai Rp 1.053.561.422.822. Pada kesempatan tersebut panitia badan anggaran menyampaikan catatan penting yang dibacakan Kanna, SH,MH yaitu:

  1. Pemerintah Daerah memaksimalkan kinerja OPD dalam memungut PAD termasuk kinerja PERUSDA
  2. Pemerintah Daerah melalui OPD agar lebih hemat dan cermat dalam memamfaatkan anggaran yang telah dialokasikan
  3. Untuk sektor kesehatan agar lebih cermat dalam menghitung kebutuhan dasar kesehatan salah satunya penyediaan obat berbasis kebutuhan.
  4. Dinas Pekerjaan Umum (PU) dalam melakukan perencanaan harus memprioritaskan program kegiatan yang belum terakomodir pada tahun sebelumnya dengan pendekatan berbasis asas manfaat.
  5. Pada sektor perkebunan yang menjadi program unggulan pemerintah adalah kakao agar tidak memasukkan komoditi pembanding lainnya yang berpotensi mengganggu program revitalisasi kakao.
  6. Pemerintah Daerah harus mengeluarkan kebijakan kontraktor yang tidak memenuhi rekomendasi BPK dalam hal pengembalian temuan agar tidak diikutkan pada lelang pemerintah selanjutnya.
  7. Mendorong pemerintah agar segera memasyarakatkan baca tulis Alquran di Kolaka Utara.

Bupati: Ranperda APBD tahun 2020 ini merupakan kado terindah dari seluruh anggota DPRD Kolaka Utara priode tahun 2014-2019

Pada kesempatan yang sama Bupati Kolaka Utara Drs. Nur Rahman Umar, MM dalam sambutannya mengapresiasi anggota DPRD atas kerja kerasnya dalam membahas Ranperda APBD tahung 2020 dan ini merupakan kado terindah dari seluruh anggota DPRD Kolaka Utara priode tahun 2014-2019 yang akan mengakhiri masa baktinya. Dalam pemyampaiannya Beliau juga menegaskan tentang program pembangunan ekonomi kerakyatan yang telah dicanangkan, dimana tahun 2020 menjadi tahun ketiga kepemimpinan beliau. Bapak Bupati juga menyampaikan catatan penting diantaranya:

  1. Program unggulan dari ekonomi kerakyatan yang telah dicanangkan adalah revitalisasi tanaman kakao, dimana program ini sudah berjalan dan pada tahun 2020 adalah masa pemeliharaan dan perawatan yang membutuh perhatian dari seluruh stakeholder terkait.
  2. Untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dan kesehatan pada tahun 2020 pemerintah tetap melanjutkan penyiapan sarana dan prasaran dasar pendidikan dan kesehatan.
  3. Dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana wilayah pendukung kegiatan perekonomian dan pelayanan masyarakat, pada tahun 2020 pemerintah tetap melanjutkan pembangunan sarana dan perasarana infrastruktur wilayah dibeberapa titik strategis termasuk pembangunan bandar udara.
  4. Untuk kegiatan pendukung lainnya telah tersebar disetiap perangkat daerah yang sesuai tupoksinya.

Turut hadir juga pada rapat paripurna tersebut Sekda Kolaka Utara Taupiq,s.SP, MM, Forkopimda, kepala OPD Kolaka Utara dan tamu undangan.

Terimakasih mendalam kepada seluruh Anggota DPRD Kolaka Utara Masa Bakti 2014-2019

Komentar