Bupati Kolaka Utara Canangkan Penanaman Perdana Tanaman Sela di Dua Tempat

Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar melakukan Pencanagan Penanaman Perdana Tanaman Sela berupa jagung sebagai rangkaian kegiatan revitalisasi kakao yang merupakan program utama.

Menurut Bupati Nur Rahman Umar, pemilihan jagung sebagai tanaman sela, karena jagung merupakan komuditas yang pasarannya terjamin dan berbeda dengan komuditas lain yang terkadang harganya anjelok bahkan untuk dijualpun sulit.

Pencangan ini dilakukan di dua wilayah di Kolaka Utara, yaitu di Desa Koroha Kecamatan Kodeoha dan Desa Latali, Kecamatan Pakue Tengah. Pada kesempatan tersebut, Bupati mengharapkan dukungan semua pihak, untuk bersama-sama mengawal dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Revitalisasi Kakao sekaligus kegiatan tanaman sela ini.

“Tujuan semua kegiatan ini tiada lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kolaka Utara,” lanjutnya.

Beliau juga mengharapkan kepada masyarakat untuk bekerja keras dan mandiri dan tidak hanya mengandalkan bantuan pemerintah semata.

Revitalisasi kakao merupakan program andalan pemerintah Kolaka Utara guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat yang mayoritas sebagai petani kakao. Bahkan Bupati Nur Rahman Umar mewacanakan akan mendirikan pabrik kakao jika program ini berhasil sesuai harapan.

Apa salahnya kita berpikir untuk mendirikan pabrik pengolahan kakao jika bahan baku tersedia sehingga masyarakat mendapatkan harga jual yang lebih tinggi, ucapnya.

Acara Pencanangan Penanaman Perdana Tanaman Sela tersebut selain dihadiri oleh masyarakat dan kelompok tani juga turut hadir kepala OPD dan perwakilan Perbankkan yang ada di Kolaka Utara guna turut serta menyukseskan program tersebut.

Baca Juga: Kuatkan Ekonomi Kolut Dengan Ekonomi Kerakyatan

Komentar