Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar Pimpin Apel Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang memili dampak yang sangat besar terutama lingkungan dan dapat memberikan kerugian yang cukup besar, untuk mengatispasi kebakaran di wilayah hukum polres Kolaka Utara yang saat ini memasuki musim kemarau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara menggelar Apel Kesiapsiagaan (Karhutla) yang dipimpin langsung Bupati Kolaka Utara, Drs.Nur Rahman Umar di Halaman Polres Kolaka Utara Kamis (15/8).


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Dikatakan Orang nomer satu di Kolaka Utara Drs.Nur Rahman Umar tersebut bahwa apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan –personil dan peralatan dalam menghadapai Kebakaran Hutan dan Lahan di Kolaka Utara dan fokus pada kegiatan patrol dan sosialisasi antusipasi Karhutla.

“Saat ini kita sudah memasuki Musim kemarau, Daerah Kolaka Utara merupakan daerah yang terdiri dari Hutan Lindung, produksi dan lainnya yang rawan kebakaran”tuturnya.

Lebih lanjut Bupati menyatakan bahwa semua pihak terkait harus saling mendukung dalam menagani Kebakaran Hutan dan Lahan dengan cepat dan Tepat, karena Keterlambatan informasi bisa menjadi penyebab semakin meluasanya kebakaran.

“Terlambat Lima Menit saja, bisa bahaya, jadi antara Pemda yakni Dinas Kebakaran dan Kepolisian harus selalu koordinasi dan pihak terkait lainnya sehingga Kebakaran Hutan dan Lahan bisa ditangani dengan baik,”tuturnya.

Usai menggelar Apel jajaran Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopinda) Kolaka Utara mengecek persiapan personil dan kendaraan untuk menangani kemungkinan kebakaran hutan dan lahan seperti Mobil Patroli kepolisian, Mobil Water canon, Mobil BPBD, Mobil Pemadam kebakaran dan Ambulnce.

Saat Ini Kata dia mobil Ambulnce sudah cukup memadai untuk menangani Karhutla hanya saja titik air masih menjadi kendala, namun pihaknya meminta Dinas terkait berkoordinasi kepada Camat dan Desa untuk menyiapkan titik pengisian air untuk pemadam kebakaran.

Dalam Apel pasukan Tersebut dihadiri Wakil Bupati Kolaka Utara, H.Abbas, Kepala kejasaan Negeri Kolaka Utara Teguh Imanto, Kapolres Kolaka Utara AKP,Susilo Setiawan,SiK dan seluruh jajarannya.

Komentar