Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud Terima Penghargaan Dari Basarnas

Rusda Mahmud selaku Bupati Kolaka Utara menerimapenghargaan dan Plakat dari Badan Sar Nasional atas potensi sar yang diturunkan saat pencarian dan penyelamatan korban KM. Marina Baru 2B yang karam diperairan Teluk Bone, Sulawesi Selatan pada 19 Desember 2015 lalu. Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di hotel Clarion Kendari, Kamis (4/2/2016). Diberikan kepada Bupati Kolaka Utara dan sejumlah jajarannya, 300 lainnya turut mendapatkan penghargaan termasuk Bupati Kolaka, perwakilan TNI Polri dan perwakilan masyarakat nelayan.

Rusda Mahmud mengapresiasi Basarnas yang memberikan penghargaan terhadap potensi Sar yang turut mencari dan menyelamatkan korban KM. Marina Baru 2B. Rusda Mahmud juga mengapresiasi potensi Sar TNI Polri, Pemerintah Kolaka dan Jajarannya, Masyarakat Nelayan, para medis, Dokter Forensik, Pemerintah dan masyarakat Kolaka Utara.

“Penghargaan ini, bukan hal biasa, namun menumbuhkan potensi Sar agar peduli terhadap sesama dalam operasi kemanusian. Kami bangga atas keberhasilan dalam pencarian dan penyelamatan korban Marina baru 02 B yang tentunya didukung keterlimatan masyarakat nelayan khusus di Kolaka Utara,” ucap Rusda Mahmud.

Pemberian penghargaan tersebut, turut hadir Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Kepala Basarnas danrombongan, HM. Saleh Lasata, Wakil Polda Sultra, Bupati, BPBD Kolaka, Damren 143/HO, Danlanal, sejumlah Kapolres dan Kepala SAR dan Jasaraharja. Senada disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), HM. Saleh Lasata, potensi Sar mesti diberikan penghargaan atas partisipasinya dalam melakukan pencarian dan penyelamatan korban KM. Marina Baru 2B yang karam di perairan teluk Bone Sulawesi Selatan.

“Penghargaan ini patut diberikan bagi potensi Sar yang terlibat dalam pencarian dan penyelamatan korban, tak perlu melihat seberapa besar penghargaan ini, kita juga mendoakan bagi selamat, dan yang meninggal serta yang ditinggalkan agar tabah menghadapi cobaan ini,”kata Saleh Lasata.

Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya Bambang Sulistyo dalam sambutannya mengatakan, terdapat empat potensi Sar dalam pencarian dan penyelamatan Korban Marina Baru 2B yakni, Basarnas dan Jajarannya, Pemerintah yang terdiri dari Pemerintah Daerah Kolaka Utara, Kolaka, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan relawan serta masyarakat nelayan. “Pencarian dan penyelamatan korban, tak lepas pada empat potensi Sar yang ada, sehingga kami patut memberikan penghargaan ini,” ujar

Selain itu lanjutnya, tolong menolong dalam operasi kemanusiaan sulit dilupakan sehingga penghargaan ini diberikan kepada potensi Sar. Dirinya berharap, agar setiap orang menjadi duta terhadap masyarakat untuk selalu mengingatkan dalam bertindak.

”Kalau kita ketahui bahwa saat ini kondisi cuaca buruk, maka kita menjadi duta, mengingatkan masyarakat untuk menunda dulu, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan,” kata

Acara ini diawali pemutaran film dokumenter proses pencarian dan penyelamatan korban KM. Marina Baru 02 B yang dilakukan potensi Sar yang ada.

Saat pemutaran film dukumenter berlangsung, Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud terharu atas perjuangan potensi Sar dalam pencarian dan penyelamatan korban Marina Baru 02 B. Usai pemutaran film documenter diakhir acara ditutup tari tradisional dan foto bersama dengan potensi Sar serta para aparat yang hadir pada kesempatan tersebut.

Komentar