25.6 C
Kendari
Kamis, 28 Maret 2024

Bupati Kolut Persentase Revitalisasi Kakao di Seminar Nasional

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Program Revitalisasi Kakao Pemda Kolaka Utara mendapat perhatian khusus di Bumi Anoa pasalnya dalam kegiatan Paripurna Dewan Riset Daerah dan Seminar Nasional yang di gelar salah satu hotel di Kendari Selasa (5/12) Bupati Kolaka Utara drs.Nur Rahman Umar mempersentasekan program revitalisasi kakao yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang.

Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs.Nur Rahman Umar bahwa dirinya memilih kakao sebagai program unggulan karena dianggap mampu mensejahterakan masyarakat yang dipimpinya dan kakao adalah komiditi yang sangat di butuhkan di pasar dunia mengingat kakao adalah bahan utama untuk pembuatan makanan, kosmetik dan obat-obatan.

“80 persen penghasilan masyarakat kolaka Utara adalah bekebun kakao, dan kakao ini adalah komiditi yang dibutuhkan pasar internasional, dan apabila ini berhasil dan kembali Berjaya maka sektor lainpun akan ikut terdongkrak dengan sendiri, saya yakin dan percaya itu”ujarnya

Lebih lanjut diapun menjelaskan bahwa saat ini banyak komiditi lain yang dikembangkan masyarakat kolaka utara namun tidak ada jaminan harga dari pasar, berbeda dengan kakao harga dan pasarpun masih tetap menjamin hingga kedepan kakao akan tetap menjadi primadona di pasar Internasional.

“Saya mengangkat kakao ini jadi program unggulan di Kolaka Utara karena ada jaminan pasar internasional, namun saya menyadari sektor perkebunan ini sangat berat dan tantanganya pun sangat berat, sekitar 78.000 hektar perkebunan Kakao Kolaka Utara diantara 78.000 itu 43.000 sudah tidak produktif lagi karna faktor usia dan hama,”jelasnya.

Sementara Dikatakan Kabag Humas Pemda Kolaka Utara Drs.Ramang bahwa dalam acara Sidang Paripurna Dewan Riset Daerah dan Seminar Nasional dengan Tema  Pengembangan Kakao Berbasis Inovasi dan Daya Saing Daerah itu di hadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Dirjen Perkebunan RI, Drs. Dudi Gunadu, M.Si, Kepala Pusat Puslit Koka RI, Dr. Pujiyanto, M.Sc., Kepala Pusat P2K2 Amerika dan Eropa Kemenlu RI, Leonard Hutabarat, P.hd., Direktur Sistem Inovasi Kemenristek Dikti RI, Dr. Ir. Opirtus Sumule, Pimpinan Bank Perwakilan Sultra, Kepala Balitbangda dan anggota Dewan Riset Daerah, Pimpinan SKPD, Pelaku Usaha, Perbankan, Peneliti dll

“hari ini acara di Mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 Wita, bapak Bupati Kolaka Utara mempersentasekan programnya di hadapan peserta seminar dan rapat paripurna,”katanya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img