Bupati Nur Rahman Dorong Masyarakat Berkontribusi Positif di Tengah Pandemi

2021 bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) merupakan tahun yang penuh tantangan dalam menjalankan program-program kerakyatan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini tentu tidak lantas membuat surut antusias Bupati, Nur Rahman Umar dalam menggerakkan roda pemerintahannya agar tetap berjalan berkesinambungan.

Bupati mengutarakan bahwa dirinya bersama H. Abbas selaku wakil Bupati (Wabup) selalu bersemangat dalam menahkodai Bumi Patowonua itu guna merealisasikan sejumlah program strategis. Di masa pandemi ini, langkah awal yang ia inginkan agar seluruh masyarakat dapat ambil bagian dalam memberikan kontribusi positif.

“Tantangan kedepan semakin berat. Masyarakat harus ambil bagian menyesuaikan dalam sejumlah program pemerintah guna menyukseskannya baik di sektor perkebunan, dunia usaha dan lainnya.

Tahun ini tentunya kata Bupati tetap akan melanjutkan sejumlah program utama diantaranya revitalisasi kakao. Dijadikannya Kolut sebagai Mayor Project Sentra Kakao Nasional oleh kementerian tentu menjadi angin segar kedepannya. Sejak 2020, pemda telah melakukan pembebasan lahan dan dan diletakkannya pondasi pembangunan sejumlah fasilitas di dalamnya. “Tahun ini tentu infrastrukturnya bisa terlaksana dengan melanjutkan yang telah dimulai 2020,” ucapnya.

Begitu juga dari segi SDM-nya, Pemda juga telah menerbangkan para calon pengurus koperasi ke Bali guna mengikuti pelatihan yang akan dipergunakan dalam pengoperasian mayor project tersebut. terkait kapan berproduksinya pabrik itu tentu lebih pastinya tergantung dari kesiapan finalisasi sejumlah fasilitas dalam proyek itu. “Mayor Project ini kan terealisasi atas usulan kami dan tentu waktu pengoperasiannya bergantung pusat karena mereka yang membiayai,” tutur Bupati.

Bukan hanya di sektor perkebunan. Pemda juga berupaya mempercepat realisasi pembangunan bandar udara di kecamatan Kodeoha. Pihaknya bersama legislatif baik kabupaten-pusat berupaya mengejar realisasi pengerjaan fisiknya agar segera difungsikan guna melayani penerbangan dari wilayah tersebut ke daerah lain. “Paling lambat 2023 bandara itu sudah bisa dioperasikan,” tutupnya. (Li)

Komentar