24.3 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Bupati serahkan 16 Unit Ambulance Gratis ke 16 Puskesmas di Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Selasa (23/1/2018), Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nur Rahman Umar menyerahkan 16 unit Ambulance untuk pelayanan primer kepada 16 Puskesmas di Kabupaten Kolaka Utara. Penyerahan Ambulans gratis kepada Puskesmas sebagai upaya pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan dengan mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Penyerahan kunci mobil Ambulans di serahkan satu persatu Oleh Bupati Kolaka Utara kepada kepala Puskesmas di Rumah Jabatan Bupati, sebelum penyerahan, orang nomor satu di Kolaka Utara ini menegaskan bahwa mobil ambulance hanya digunakan untuk mengantar pasien, tidak di perbolehkan digunakan untuk keperluan yang lain, jika dipergunakan untuk kepentingan pribadi maupun yang lainnya akan dikenakan sangsi terhadap Kepala Puskesmas.

“Ambulance ini hanya digunakan untuk Puskesmas Ke Rumah sakit. Tidak ada fungsi lain selain itu, tidak ada lagi cerita bahwa mobil di muati kelapa atau nilam, kepada yang tidak patuh peraturan Bupati akan diberikan sangsi kepada pejabat,”katanya.

Lebih lanjut dia pun menuturkan bahwa dirinya tidak mau lagi mendengar adanya keluhan masyarakat tentang ke tidak tersediaan ambulance saat ingin digunakan, ”Mobil ambulance kita inginkan ketika ingin digunakan untuk mengantar pasien, saya tidak mau mendengar alasan bahwa maaf tidak tersedia mobil, tidak adalagi bahasa seperti itu, itu harus dengan tangkas melakukan pelayanan,”ujarnya.

Pengadaan mobil Ambulance adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Kata dia, Ketika tidak ada pasien dia berharap mobil tersebut tetap standby di Puskesmas, dan Mobil hanya boleh dipergunakan atas izin dari Kepala Dinas Kesehatan.

“Mobil ambulace ini adalah mobil Masyarakat Kolaka Utara sehingga hilangkan kebiasaan bahwa mobil dinas itu ada biaya pemeliharaanya ada yang biayai, bagi supir harus diberi perhatian jika tidak bisa menjamin mobil itu tolong diganti, kita ingin mobil ini awet digunakan selayaknya mobil sendiri,”harapnya.

Sementara itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara Alias,S.KM,M.Kes bahwa 16 unit Ambulance pengadaanya berasal dari anggaran DAK dan Cukai Rokok di tahun 2017 “5 unit Ambulance berasal dari DAK tahun 2017 senilai Rp.1.650.000.000 dan 11 unit Ambulance  berasal dari APBD (cukai rokok) TA 2017 senilai 3.466.800.000,”katanya.

Lebih lanjut diapun menambahkan bahwa Kolaka Utara masih membutuhkan Lima Unit Ambulce, namun diawal tahun 2018 akan ada penambahan Dua unit ambulance untuk dipergunakan Satu unit Mobil Rujukan dan Satu unit mobil jenasah,”kita butuh lima tapi tahun ini ada Dua lagi dan kita harapkan tiga unit di perubahan anggaran,”ujarnya.

ambulans-gratis-24-jam-kolaka-utara

 

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img