24.6 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Bursa Inovasi Desa Kolaka Utara, Wabub Berpesan Agar Desa Mampu Berinovasi

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Wakil Bupati (Wabup) Kolaka Utara (Kolut) H.Abbas mengharapkan Desa yang ada di Bumi Patampanua harus mampu berinovasi dengan memunculkan gagasan baru baik dari sektor pemberdayaan masyarakat dan pembangunan, apalagi wilayah yang di pimpinnya itu memiliki potensi alam yang belum terkelola dengan baik.

Seperti yang diterangkannya saat membuka kegiatan program Bursa inovasi Desa di Islamic Center Kolaka Utara Selasa (19/12). Dengan inovasiyang dilakukan desa mampu untuk meningkatkan kesjahteraan desa

“Program Inovasi Desa (PID) adalah program gabungan dengan Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) dan merupakan agenda nasional dan kegiatan inovasi adalah program wajib yang harus dilaksanakan,”katanya

Dengan PID kata dia pengelolaan dan potensi serta sumber daya yang dimiliki desa dapat terkelola dengan baik, segala potensi di Desa mampu ditingkatkan kualitasnya, khususnya sarana dan prasarana yang anggaranya bersumber dari Dana Desa sehingga berdampak positif terhadap pembangunan yang ada di desa.

“Saat ini pembangunan di desa saat ini masih minim dengan inovasi, padahal Kolaka Utara kaya dengan dengan seumber daya alam yang sangat melimpah baik daratan maupun pegunungan serta pesisr pantai, potensi yang ada semunya bisa di tingkatkan dan menambah pendapatan masyarakat, melalui bursa inovasi desa, gagasan dan konsep pembangunan desa yang inovatif dapat di tumbuhkan dan disebarluaskan ke masyarakat agar kegiatan di desa dapat mendukung prgram pembangunan yang telah dirumuskan oleh pemerintah,”tandasnya.

Sementara itu di katakan Kepala Bidang SDA dan Ekonomi Bappeda Kolaka Utara Harsil bahwa, tujuan kegiatan PID untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana Desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi pembangunan desa dalam rangka mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan, serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan.

“Kegiatan ini bertujuan berkembangnya ekonomi melalui Bumdesa dan berkembangnya produk unggulan desa ,program inovasi Desa di selenggarakan oleh Kemendesa PDTT dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui Restruksi program yang sebelumnya di fokuskan pada pendamping desa dalam pelaksanaan Undang-Undang desa,”katanya.

Diapun menambahkan bahwa peserta Bursa Inovasi Desa di ikuti 556 peserta terdiri Tim Inovasi kabupaten (TIK) dari perwakilan OPD, TPID sebanyak 105 orang, Kepala Desa 127 orang, BPD sebanyak 127 Orang,pendamping desa 70 orang,Perwakilan masyarakat 127 orang,”untuk peserta bursa inovasi desa ini sebanyak 556 orang,”tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img