Ingin Lestarikan Kuliner Leluhur Cacing Laut di Tangan Hasrianda Tampil Sebagai Jawara Festival Kuliner Kategori Nusantara di Kolaka Utara

Hasrianda menjadi jawara dalam Festival Kuliner kategori makanan Tradisional. Dalam festival ini, dirinya menyajikan menu tradisional lokal Suku Kodeoha yang saat ini mulai tergerus dan dilupakan oleh menu-menu modern, Cacing Laut yang kaya akan manfaat menjadi menu pilihan utama yang disajikannya dalam Festival Kuliner..

Cacing laut Salah Satu Menu yang disajikan Hasrianda dalam Festival Kuliner Kolaka Utara

Dikatakan Hasrianda bahwa pada zaman dulu, umunya masyarakat Kodeoha pada saat ada hajatan menu yang berbahan dasar cacing laut sering disajikan, selain rasanya yang lezat cacing laut juga memiliki banyak kandungan gizi bahkan diyakini mampu mengobati penyakit Diabetes.

“Zaman dulu makanan ini sering disajikan pada saat pesta, ini adalah kuliner lokal Kolaka Utara, makanan sering dikomsumsi oleh Suku asli Kolaka Utara yakni suku Kodeoha,”tuturnya.

Dalam Festival kuliner tersebut dirirnya menyajikan menu Parede Tikou Labone atau cacing masak, Tikou Nilaboka atau Pepes cacing, Tikou Labone, Sinole Galuku dan beberapa kuliner tradisonal suku Kodeoha lainnya.

“Dalam Festifal ini kami ingin memperkenalkan kuliner tradisional leluluhur yang sudah mula iterlupakan, meski terlihat ekstrem makanan ini sangatlah enak apalagi disantap saat masih panas, menu ini wajib untuk dicoba selain enak juga menyehatkan,”katanya.

Saat ini cacing laut sudah sangat sulit ditemukan di pesisir pantai, menjadi alasan jarangnya menu andalan tersebut disajikan, “cacing laut itu sudah jarang di dapat, tapi mudah-mudahan lewat festival Kuliner ini makanan khas Kolaka utara ini terus bisa dekembangkan dan masih dapat dinikmati anak cucu kita kelak ,”tandasnya.

Komentar