26.8 C
Kendari
Kamis, 28 Maret 2024

Calon Hafizh dan Muballihg di Kolaka Utara akan di Beri Beasiswa Oleh Pemda

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Untuk meningkatan Indeks Pembangunan  Manusia (IPM) di bidang keagamaan Pemda Kolaka akan memberikan beasiswa untuk para calon Muballigh dan hafidz yang nanti akan di sekolahkan oleh pemda secara gratis.

Dikatakan sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Utara Hasanuddin, bahwa untuk saat ini sekitar 45 orang pelajar Kolaka Utara yang nantinya akan diberikan beasiswa untuk belajar di salah satu Pasantren di Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga mahir dalam menghafal Kitab Suci Alqur’an dan mahir dalam berceramah.

“45 orang pelajar yang nantinya akan di berikan beasiswa, pelajar tingkat SLTP dan SLTA 15 untuk muballgh 30 hafiz yang ingin mengikuti program beasiswa ini nanti akan di selesksi,”Katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa saat ini Bumi Patampanua sangat kekurang hafidz dan muballigh dan sebagai upaya untuk meningkatn sumber daya manusi (SDM) di bidang keagamaan, putra-putri terbaik Kolaka Utara yang memiliki bakat di bidang tersebut mampu mengembangkan diri.“saat ini kita kekurangan Hafiz dan Muballgh, saat lomba nanti kita sudah memiliki hafiz dan muballigh dari daerah kita sendiri,”ujarnya.

Tahun 2018 kata dia program beasiswa untuk para hafiz dan muballigh tersebut akan segera di realisasikan,”kalau untuk hafiz itu dia akan diberikan beasiswa hingga mampu menghafal 30 Juz, sedangkan untuk mubaligh hingga dia mahir dalam memberikan tausih lengkap dengan dalil dan haditsnya hingga menyelesaikan sekolahnya,”Katanya.

Sebelumnya pemda kolaka utara telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa kedokteran yang kuliah di luar Negeri.  saat ini tengah melakukan koas,”kita telah memberikan beasiswa untuk para mahasiswa untuk kebidanan,perawatan dan beberapa jurusan lain bahkan meberikan beasiswa untuk mahasiwa yang kuliah kedokteran di luar negeri, ini semua dilakukan untuk meningkatkan IPM di Kolaka Utara”katanya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img