29.7 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

Cegah Inflasi Pemda Kolaka Utara Bagikan 10.000 Bibit Cabe dan Tomat

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pasca kenaikan BBM pemerintah tengah jor-joran untuk mencegah dampak Inflasi. Untuk wilayah Kolaka Utara sebagai kabupaten konsumtif yang kebutuhannya hampir sepenuhnya berasal dari luar daerah, sehingga pemerintah berupa mencegah inflasi dengan membagikan 10.000 bibit tomat dan Cabe.

Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Utara Buhari melakukan penanaman perdana didampingi tim TPID

Untuk mengendalikan inflasi dan mendukung pemulihan ekonomi nasional, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara melalu Tim Pengendalian inflasi Daerah (TPID) mengambil beberapaka langkah preventif “Untuk mengendalikan inflasi di daerah dengan beberapa kegiatan diantaranya Sosialisasi Hemat Energi dan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah yang dirangkaikan dengan Penyerahan Bantuan Bibit Cabai Merah, Tomat dan Polybag,”Ujar Koodinator TPID Kolaka Utara yang juga Asisten II Sekretariat Daerah H.A.Syamsuddin, usai menyerahkan bantuan pada warga di Kantor Desa Watuliu,Lasusua. Jumat (25/11/2022).

Sementara itu dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara Dr.Taupik S. Bahwa meski Kolaka Utara tidak terlalu dampak pada inflasi namun dengan adanya bantuan sebanyak 10.000 bibit tomat dan Cabe, Bawang Merah 1 Ton,Kacang Tanah dapat membantu pencegahan dampak inflasi.

“Untuk bantuan ini ada 3 Kecamatan,Lasusua,Lambai dan ngapa, kita tidak berharap ada resesi do tahun 2023 namun dengan cara ini, bisa menekan inflasi, upaya kita ini adalah menekan inflasi, di Kolakaa Utara ini hampir keseluruhan kebutuhannya di suplai dari luar daerah,”Katanya.

Diapun menambahkan meski kebutuhan kolaka utarar berasal dari luar namun Inflasi Kolaka utara masih normal “Untuk Sulawesi Tenggara salalh satu inflasi daerah yang kecil di Indonesia hanya bergerak 2 atau persen dan Kolaka Utara termasuk, kegiatan ini hanya mengantisipasi,”Tuturnya

Sementara itu dikatakan ketua DPRD kabupaten Kolaka Utara Buhari bahwa pembagian bibit pada masyarakat adalah hal yang sangat tepat, apalagi Kolaka Utara memiliki kondisi tanah yang sangat subur sehingga kedepannya Bumi Patowanua bisa mandiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Kegiatan seperti inilah yang ingin kita giatkan untuk mencegah inflasi, palawija sayuran-sayuran itu semua berasal dari selatan ada permainan tengkulak, nah kalau kita siapkan secara lokal di Kolaka Utara, kalau mereka mau angkat harganya kita yang punya,”Katanya.

Sementara itu dia menambahkan bahwa kondisi lahan sangat mendukung dan masyarakat juga mendukung “Kegiatan ini adalah pencegahan karena Inflasi di Kolaka Utara masih stabil,”Tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img