Desa Beringin Wakili Kolaka Utara Pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

Desa Beringin Kecamatan Ngapa kabupaten Kolaka Utara didaulat mewakili Kolaka Utara dalam ajang lomba penilaian evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (7/7/2021).

Dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara Dr.Taufiq,SP,MM dalam sambutannya bahwa Desa beringin merupakan salah satu desa di Kolaka Utara yang pendudukunya terdiri dari berbagai suku, namun mereka tetap hidup dengan rukun.

“Desa beringin ini mepresentasikan kemajemukan yang ada di Kolaka Utara, disini kita bisa melihat saudara-saudara kita dari Wajo, Soppeng, bone, Mandar, Makassar bahkan saudara-saudara dari Pulau Jawa, kemajukan ini di daerah lain bisa menimbulkan masalah krusial tapi masyarakat desa beringin adalah masyarakat yang sangat adem mereka sangat menjunjung nilai kesatuan dan kedamaian,”Katanya

Dr.Taufiq menambahkan warga desa beringin merupakan warga yang pekerja keras dan tidak ada warganya yang hanya tinggal berpangku tangan ”Desa beringin dimekarkan tahun 2006 dari kelurahan Lapai, Masyarakat Beringin masyarakat pekerja tidak ada warga beringin yang tinggal diam dirumahnya, anak-anak mudanyapun demikian,”Tuturnya.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kolaka Utara itupun berharap Desa Beringin mampu menjadi juara dan mewakili Sulawesi Tenggara di tingkat Nasional”Soal Juara itu nomer Dua, Namun kita berharap Beringin Bisa mewakili Sulawesi tenggara”Tuturnya.

Sementara Itu dikatakan Kepala Desa beringin H,Abdul Rahman bahwa Desa yang dipimpinya merupakan desa yang tahun 2020 sebelumnya masih berstatus Desa Berkembang namun tahun 2021 menjadi Desa Maju,”Saat ini pendapatan masyarakat desa beringin cenderung meningkat meski belum bisa menilai orang perorang namun sepintas bisa kami lihat dari sumbangan masyarakat untuk kegiatan ibadah kurang lebih 300 juta dibanding tahun lalu hanya 140 juta lebih,”katanya.

Sementara itu dikatakan Ketua tim Penilai Lomba Tingkat Provinsi bahwa Syaiful,SE,MS,I, bahwa kedatanggannya tersebut untuk melakukan evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan “Kami datang kesini adalah hasil evaluasi dari pak desa disampaikan ke Kabupaten terus administrasinya bapak sampai di provinsi Kami Pelajari,”katanya.

Diapun mengatakan bahwa yang dievaluasi adalah penyelanggaran pemerintahannya, penyelanggaraan kewilayahannya dan kemasyarakatannya ”Kami bawa Kesbangpol ketika pak desa ada permasalahan disini, bagaiaman menyelesaikan permasalahan apa kekeluargaan ataukah langsung keranah hukum,”tandasnya. (L)


Komentar