Desa Ngapa, Wakili Kolaka Utara pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

Desa Ngapa Kecamatan Ngapa mewakili Kabupaten Kolaka Utara pada lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, setelah dinyatakan sebagai yang terbaik oleh tim penilai tingkat kabupaten.

Tim penilai lomba desa tingkat provinsi tiba di desa Ngapa, Sabtu (23/6/2018) disambut langsung oleh Wakil Bupati Kolaka Utara, H. Abbas, beserta Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) se-kecamatan Ngapa dan tokoh masyarakat setempat.

Desa Ngapa yang terletak kurang lebih 45 kilometer dari ibu kota kabupaten Kolaka Utara, Lasusua, dengan jumlah penduduk 1.871 jiwa dan terbagi dalam empat dusun ini terpilih karena dianggap paling memenuhi kriteria sebagai desa terbaik dalam mengelola tiga bidang, yaitu bidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan. Tiga bidang ini memang menjadi indikator utama dalam pemilihan lomba desa.

Aspek pemerintahan meliputi kependudukan, administrasi Pemerintah Desa (Pemdes), keamanan dan ketertiban, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, inovasi dalam mengembangkan potensi desanya.

Sedangkan aspek kewilayahan, diantaranya pemetaan rawan bencana dan konflik, luas dan batas-batas wilayah, adapun aspek dibidang kemasyarakatan mencakup keaktifan TP-PKK, kegiatan keagamaan atau peran serta masyarakat dalam pembagunan di desa dan peran BUMdes dalam meningkatkan pendapatan APBdes.

Wakil Bupati Abbas, dalam sambutannya berharap semua komponen masyarakat dapat memperkuat semangat untuk berkarya dalam mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan di desa.

“Posisi desa sangat strategis untuk kemakmuran masyarakat, keberhasilan pembangunan desa akan berpengaruh langsung kepada pembangunan kabupaten, Provinsi dan nasional,” katanya.

Ketua tim penilai tingkat provinsi, Asniyati mengatakan Kolaka Utara termasuk tujuh besar kabupaten dalam pemeringkatan yang selanjutnya akan dinilai dan dievaluasi lagi guna menentukan perwakilan provinsi.

Tujuh kabupaten tersebut adalah Kolaka Utara, Kolaka Timur, Bombana, Buton, Buton Tengah, Wakatobi dan Kabupaten Muna Barat. (Media Center Kominfo /AT)

Komentar