24.2 C
Kendari
Rabu, 1 Februari 2023

Desa Saludongka Juara Satu Lomba Desa Tematik Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Desa Saludongka, Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) meraih juara satu Lomba Desa Tematik Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2022. Senin (5/12/2022)

Desa Saludongka dianggap mampu memenuhi kriteria penilaian diantara seluruh desa yang mengikuti lomba mewakili tiap kabupaten yang ada di Provinsi Sultra.

Turut hadir pada acara tersebut Pj Sekda Provinsi Sultra, Ketua DPRD Provinsi Sultra, Forkopimda Provinsi Sultra, Para Bupati/Wali Kota se-Sultra, Danlanal Kendari, Danlanud Haluoleo, para Kepala Dinas Provinsi
Sultra.

Pengumuman hasil lomba dilaksanakan di Hotel Claro Kendari oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi yang dihadiri seluruh Kepala Desa (Kades) sesultra.

Kades Saludongka, Isnandar, S. Pd., mengatakan, sebagaimana kita ketahui bahwa Lomba Desa Tematik meliputi Tatakelola Pemerintahan Desa. Yang menjadi indikator penilaiannya adalah administrasinya mulai dari berkas fisik, berbentuk File dan semua Sistem aplikasi (Siskeudes, Prodeskel, SDGs, SIPADes dan KPM) menjadi prioritas.

“Alhamdulillah, kita dapat meraih juara semua ini berkat doa dan kerja ikhlas aparat Desa Saludongka,” kata Isnandar.

Dengan penghargaan ini, Desa Saludongka akan mendapatkan, piagam, piala, serta dana pembinaan sebanyak Rp 15 juta.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kolut, Fatehuddin menyampaikan, kami secara intensif selalu menyampaikan kepada Kades untuk berinovasi dan berkreasi dalam meningkatkan sistem pemerintahan desa yang baik.

“Semoga juara satu lomba desa tematik ini bisa dipertahankan kedepannya,”ujarnya. (Red)

Sementara itu Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, hadirnya UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, yang memposisikan pemerintahan desa sangat penting dan
strategis dalam pembangunan nasional dan daerah. Posisi tersebut dalam rangka mewujudkan kemajuan bangsa secara umum.

“Pemerintahan desa diberikan kewenangan besar dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan, pada 4 aspek utama yaitu, aspek peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan publik,”terangnya.

Ia mengatakan, bahwa fungsi pemerintahan desa harus dimaksimalkan agar tujuan lahirnya UU Desa dapat diwujudkan sejalan dengan arah sasaran dan tujuannya.

“Pemerintahan Ali Mazi dan Lukman Abunawas periode 2018-2023 memiliki salah satu misi mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik menuju Good Governance


Saludongka adalah salah satu desa/kelurahan di Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara, provinsi Sulawesi Tenggara.

Saludongka mempunyai kode wilayah menurut kemendagri 74.08.11.2006. Sedangkan kodeposnya adalah 93952

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

3 Milyar Untuk Tambat Labuh Kapal Nelayan Kolaka Utara

Masyarakat Desa Lametuna Kecamatan Kodeoha, yang berprofesi sebagai nelayan sebelumnya keluhkan tidak adanya lokasi berlabuh kapal di muara sungai...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img