30.9 C
Kendari
Sabtu, 2 Desember 2023

Desa Watuliu Kecamatan Lasusua Wakili Kolaka Utara dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Desa Watuliu Kecamatan Lasusua berhasil mencapai prestasi gemilang dengan menjadi jawara dalam lomba desa tingkat Kabupaten Kolaka Utara. Kemenangan ini membawa desa tersebut untuk berkompetisi pada tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada hari Senin (6/7), tim penilai Provinsi Sulawesi Tenggara mulai menilai Desa Watuliu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Dr. Taupik, S, SP, MM, menyatakan bahwa Desa Watuliu memiliki warga yang ramah serta pemerintahan yang efektif. Dia berharap Desa Watuliu dapat meraih juara dalam penilaian lomba tingkat provinsi.

“InsyaAllah Desa Watuliu akan menjadi pemenang fan mewakili Sulawesi Tenggara pada lomba desa tingkat provinsi, ” katanya

Evaluasi kinerja desa merupakan langkah penting dalam mengukur perkembangan desa setiap awal tahun. Lomba desa menjadi bagian kedua dari evaluasi tersebut melalui Efek Desa Kelurahan (Efdeskel). Selama proses evaluasi, tim penilai mengunjungi tujuh kabupaten yang berpartisipasi.

“Desa Watuliu telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras yang luar biasa dalam mengembangkan potensi mereka. Keterlibatan pemerintah, wilayah, dan masyarakat dalam membangun desa ini tidak diragukan lagi. Saya berharap Desa Watuliu dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus berkembang dan mencapai kesuksesan.” Ujarnya.Dr. Taupik, S, SP, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara

Indikator kinerja aparatur desa, perkembangan infrastruktur desa, kerjasama di antara warga desa, dan aspek sosial budaya masyarakat merupakan beberapa komponen yang dinilai. Peran pemerintah, wilayah, dan masyarakat sangat penting dalam menjamin kesuksesan sebuah desa.

Kepala DPMD Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Kabid Pemerintah Desa Laode Muhammad Sya’ban Hidayat menyatakan bahwa dari Ada 7 Desa di wilayah Sulawesi Tenggara akan dinilai dalam lomba desa tersebut.

“Evaluasi desa itu  wajib dilakukan oleh pemerintah desa setiap tahunnya yang dimulai pada awal tahun sampai dengan minggu kedua Februari dan lomba desa ini adalah bagian kedua dalam tahapan evaluasi, ” Katanya.

Pada akhir penilaian, Desa Watuliu berharap dapat meraih prestasi yang gemilang dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.


- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Melepas Rombongan Dinas Kesehatan Menuju Kota Bandung untuk Belajar Penerapan RME

Jumat (1/12) bertempat di kantor Dinas Kesehatan Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, melepas rombongan dari Dinas...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img