Dinas Kearsipan Kolaka Utara menyerahakan JRA Substantif kepada 10 Urusan OPD Kab. Kolaka Utara.

Kepala Dinas Kearsipan Kabupaten Kolaka Utara Asdar, SP., M.Si didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Hj. Rusnah, S.Pd menyerahkan Pesetujuan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif Sepuluh Urusan OPD Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara.

“Kami bersyukur pada tahun ini Pemkab. Kolaka Utara kembali mendapatkan persetujuan JRA oleh ANRI. Berdasarkan Surat Bupati Kolaka Utara Nomor: 014 /113/ 2018. Tanggal, 5 Maret 2018 perihal Permohonan Persetujuan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif, dimana sebanyak dua belas Urusan OPD yang diusulkan, hanya Sepuluh Urusan OPD Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara telah disetujui oleh Kepala Asip Nasional Republik Indonesia.

Adapun 10 Urusan OPD yang disetujui yaitu: Urusan Kesatuan Bangsa & Politik, Urusan Perdagangan, Urusan Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, Urusan Perindustrian, Urusan Ketenagakerjaan & Transmigrasi, Urusan Kesehatan, Ususan Penelitian & Pengembangan Daerah, Urusan Pengendalian Penduduk & KB, Urusan Perhubungan, dan Urusan Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana yang tercantum dalam Surat Kepala ANRI Nomor: B-PK. 02-09/74/2018. Tanggal, 11 Mei 2018 perihal Persetujuan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif Pemda Kolut ” terang Asdar, SP., M.Si. Kepala Dinas Kearsipan Kab. Kolaka Utara Pada Pertemuan di Kantor Dinas Kearsipan, Jl. Bundaran Suawindu, Lasusua, Senin (25/6/2018).

Dengan disusunnya JRA Urusan OPD dapat manfaat yaitu: Pengurangan arsip, menghemat waktu dan penelusuran informasi arsip/dokumen, menghindari masalah hukum, melakukan efesiensi dalam menetapkan arsip yang digunakan saat ini, mengidentifikasi arsip/dokumen yang memiliki nilai permanen.

Dengan terbitnya peraturan Kepala ANRI sebagai pedoman penyusunan JRA OPD tahun 2018, maka penyusunan JRA di masing-masing OPD Kabupaten Kolaka Utara dapat dilaksanakan sesuai dengan azaz kepastian hukum, keautentikan dan kepercayaan, keutuhan, asal usul (principle of proverence), aturan asli (principle of original order) keamanan dan keselamatan keprofesional, keresponsifan, keantisifatipan, akuntanbilitas, kemanfaatan, aksebilitas dan kepentingan Umum.
Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Hj. Rusnah, S.Pd juga menambahkan bahwa harapannya atas JRA Urusan OPD menurutnya masih perlu ditingkatkan.

Pembinaan dan pengawasan tetap dilaksanakan secara kontinyu agar OPD yang belum menyusun JRA kedepannya dapat menyusun JRA dan bagi OPD yang telah mendapatkan JRA disarankan banyak berkonsultasi di Bidang Pengelolaan Kearsipan sehingga mengelola arsipnya sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Mengakhiri masa kerja yang akan pensiunan di Bulan Juli 2018, Hj. Rusnah, S.Pd juga mengungkapkan permohonan maaf segala kesalahan dan kekurangan selama ini dan Smoga kepala bidang baru nantinya bisa melanjutkan kegiatan penyusunan JRA baik Substantif maupun Fasilitatif pada semua OPD Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara.

Penulis:  Sahlim, S.ST Admin Website OPD Dinas Kearsipan Kab. Kolaka Utara

Komentar