25.9 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kolaka Utara Mendorong Inovasi Melalui Sistem Perizinan Online

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dalam upaya untuk mempercepat dan mempermudah proses perizinan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Kolaka Utara menggelar Bimbingan Teknis Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Kegiatan ini diikuti oleh para pelaku usaha yang beroperasi di wilayah Kolaka Utara. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh pejabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE, M.Si, di salah satu hotel ternama di daerah tersebut pada hari Rabu (14/6).

Dalam sambutannya, pejabat Bupati Kolaka Utara menyatakan bahwa penerapan e-government dalam setiap aspek pelayanan publik, termasuk perizinan, menjadi tuntutan yang harus dipenuhi oleh pemerintah saat ini. Pelaksanaan perizinan, baik yang bersifat perizinan maupun non-perizinan, wajib dilakukan secara elektronik melalui sistem online single submission (OSS).

“Kami sangat membutuhkan penerapan aplikasi perizinan online, karena hal ini akan mempercepat dan mempermudah proses perizinan. Selain itu, dengan perizinan melalui aplikasi, kami yakin akan terjadi peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan perizinan, akuntabilitas dan transparansi, kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat, serta peningkatan produktivitas pegawai. Selain itu, hal ini juga akan mendukung pengambilan keputusan atau kebijakan yang lebih cepat dengan data yang akurat dan terbarui,” ujar pejabat Bupati.

Bupati Kolaka Utara juga menambahkan bahwa penanaman modal memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian nasional. Namun, dalam pelaksanaan fungsi penanaman modal, terdapat gap fiskal yang mengakibatkan kurang optimalnya kegiatan fasilitasi penanaman modal di daerah, terutama dalam pengawasan realisasi penanaman modal dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Kegiatan bimbingan teknis ini merupakan langkah strategis pemerintah dalam meningkatkan kepatuhan para pelaku usaha, meningkatkan pemahaman mereka mengenai ketentuan pelaksanaan penanaman modal, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh pelaku usaha,” tambahnya.

Diharapkan bahwa melalui bimbingan teknis ini, para pelaku usaha di Kolaka Utara akan semakin terampil dalam memenuhi persyaratan perizinan dan memahami pentingnya penanaman modal. Selain itu, diharapkan juga akan tercipta kualitas sumber daya manusia yang lebih baik di sektor usaha di daerah ini.

Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara terus berkomitmen untuk mendorong inovasi dan meningkatkan pelayanan publik. Dengan implementasi sistem perizinan online yang lebih efisien, diharapkan bahwa proses perizinan di daerah ini akan semakin lancar

dan transparan. Hal ini juga diharapkan dapat menarik minat lebih banyak investor untuk berinvestasi di Kolaka Utara, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Selain itu, dalam kegiatan bimbingan teknis ini, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kolaka Utara juga memberikan penekanan pada pentingnya pengawasan terhadap realisasi penanaman modal. Gap fiskal yang sering terjadi dalam pelaksanaan fungsi penanaman modal di daerah akan diatasi melalui langkah-langkah yang lebih efektif dan terarah. Dengan pengawasan yang lebih baik, diharapkan penanaman modal dapat berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan manfaat maksimal bagi perekonomian daerah.

Para pelaku usaha yang hadir dalam acara ini menyambut baik inisiatif dari Pemerintah Kolaka Utara. Mereka menyadari bahwa penerapan sistem perizinan online akan membantu mereka dalam mengurangi birokrasi dan menghemat waktu serta tenaga dalam proses perizinan. Selain itu, mereka juga menyambut positif upaya pemerintah dalam meningkatkan pemahaman mereka mengenai ketentuan penanaman modal. Dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan, pelaku usaha di Kolaka Utara dapat menjadi lebih kompetitif dan mampu bersaing dalam dunia bisnis yang semakin kompleks.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img