Dinas Perkebunan Sosialisasikan Program Pengembangan Kawasan Tanaman Tahunan

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara mendapat suntikan dana segar dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian sebesar Rp. 25 Miliar guna pengembangan kawasan tanaman tahunan. Anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan bibit kakao dan kopi yang siap disuplai ke sejumlah wilayah kecamatan di Kolaka Utara.

Dinas Perkebunan dan Peternakan saat ini mulai terjun ke lapangan guna melakukan sosialisasi sekaligus pemaparan sejumlah program kerja dalam setahun di internalnya. Lima kecamatan jadi fokus pemaparan diantaranya Kodeoha, Ngapa, Watunohu dan Pakue Utara dengan para peserta yang terdiri dari petani hingga para pendamping teknis. “Mereka kemudian akan memaparkan secara teknis kepada kelompok tani,”katanya, Selasa (23/2/2021).

Diterangkan, sejumlah dana itu mencakup penyediaan pengadaan satu juta bibit kakao dengan luas lahan yang menjadi sasaran 100 Hektare (Ha). Sementara itu untuk bibit kopi meliputi 200 Ha dimana per Ha seribu tanaman. “Ada juga kelapa tetapi konsepnya berbeda dan bukan untuk petani namun pemanfaatan pekarangan rumah. Setiap KK dua pohon,”paparnya.

Kolut tahun ini masih dilirik pemerintah pusat dan ditetapkan sebagai satker mandiri yang ditugaskan membantu kementerian guna pengembangan kawasan tahunan tersebut. Setelah sosialisasi, tim-nya bakal merampungkan dan memverifikasi data Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL). “Nanti akan diundang kelompok penerimahnya. Perkiraan bantuan turun antara Mei-Juni,”pungkasnya. 

Komentar